get app
inews
Aa Read Next : Pulang Antar Anak Latihan Karate Kalung Emas Milik IRT di Palembang Ini Lepas dari Leher

Padat Merayap Akibat Uji Coba Contraflow, Polrestabes Palembang Evaluasi Pintu Putar Balik Kendaraan

Senin, 22 Juli 2024 | 11:25 WIB
header img
Petugas Satlantas Polrestabes Palembang mengatur kendaraan yang melintas di Jalan Jenderal Sudirman Km 5, saat melakukan uji coba Contraflow, Senin (22/7/2024). (iNewspalembang.id/Mushaful Imam)

PALEMBANG, iNewspalembang.id – Pemandangan pagi di Jalan Jenderal Sudirman KM 5 depan Makorem Gapo hingga Jalan Kol H Burlian Km 6 RSUD Siti Fatimah, Senin (22/7/2024), padat merayap hingga macet panjang.

Akibat kejadian itu, banyak muncul di media sosial mencari penyebab hingga apa yang sebenarnya terjadi, hingga berdampak pada panjangnya barisan kendaraan roda empat dan roda dua, hingga ke arah flyover simpang Polda dan depan Taman Makam Pahlawan. Ternyata, momen padat merayap di jalan raya itu karena ada uji coba Contraflow.

Kasat Lantas Polrestabes Palembang, AKBP Yenni Diarty menyampaikan, memang mulai pukul 06.00 WIB hingga 07.30 WIB Satlantas Polrestabes Palembang, Dishub Palembang dan dihadiri Pj Walikota Ucok Abdulrauf Damenta, melakukan uji coba Contraflow.

“Kita melakukan uji coba Contraflow dari putaran Rumah Sakit Siti Fatimah sampai dengan pintu masuk Korem Gapo, untuk faktanya di lapangan cukup terjadi kepadatan kendaraan, dikarenakan adanya suatu penyesuaian dari kendaraan-kendaraan masyarakat yang khususnya mengarah ke Kota Palembang,” ujar dia, Senin (22/7/2024).

Yenni mengatakan, berdasarkan pengamatan dan implementasi di lapangan, kepadatan terjadi karena pengalihan arus putaran balik dari arah Polda menuju ke Sinar Mas.

“Jadi tidak bisa putar balik di RS Siti Fatimah dan diarahkan putar balik di Punti Kayu, itu terjadi kepadatan cukup panjang dan mengakibatkan terjadi antrian kendaraan dari arah Trakindo menuju ke Km 5. Oleh karena itu, ada beberapa titik kemacetan dan kepadatan yang diakibatkan untuk uji coba Contraflow ini," kata dia.

Kemudian, ungkap Yenny, pada pintu masuk Korem Gapo yang digunakan sebagai pintu keluar Korem Gapo juga ada kepadatan batal naik. Sehingga memang ada satu ruas jalan yang memang digunakan pintu keluar Contraflow dan menghambat kendaraan dari arah pasar Km 5.

"Uji coba Contraflow di satu lokasi kurang lebih 1,1 Km yakni dari putaran RS Siti Fatimah sampai pintu masuk Korem Gapo. Tapi imbasnya dari arah Polda itu putar baliknya diarahkan ke putaran Sinar Mas Punti Kayu,” ungkap dia.

Setelah Satlantas Polrestabes Palembang melakukan pengamatan maupun evaluasi di lapangan, jelas Yenny, memang ada beberapa penyebab titik kemacetan diseputaran Pasar KM 5.

“Setiap pagi Volume kendaraan yang dari arah jalan Bandara, Trakindo yang menuju ke Polda memang cukup banyak apalagi banyak perumahan, perkantoran, dan sebagainya yang mengarah ke Kota Palembang,” jelas dia.

“Ada beberapa ruas jalan yang harus dievaluasi, seperti di pintu masuk depan Pasar KM 5 Korem Gapo yang selayaknya dilakukan sistem buka tutup dan penertiban parkir depan pasar KM 5 dan penertiban parkir diseputaran sekolah Muhammadiyah, karena beberapa titik tersebut penyumbang penyebab kemacetan di pagi hari,” tandas dia.

 

 

Editor : Sidratul Muntaha

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut