get app
inews
Aa Read Next : Bikin Tenang dan Nyaman, PLN Siapkan Posko Mudik di Sejumlah Wilayah Kota Palembang

Jadi Backbone Sumsel dan Lampung, SUTET Muara Enim-Gumawang Diyakini Penuhi Kebutuhan Masyarakat

Jum'at, 10 Mei 2024 | 10:25 WIB
header img
PT PLN resmi mengoperasikan SUTET Muara Enim-Gumawang yang didukung dengan dua GITET. (iNewspalembang.id/ist)

PALEMBANG, iNewspalembang.id - Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) Muara Enim-Gumawang yang didukung dengan dua Gardu Induk Tegangan Ekstra Tinggi (GITET) resmi dioperasikan PT PLN (Persero).

Seperti diketahui bahwa SUTET yang didukung GITET ini untuk mengoptimalisasikan pasokan aliran listrik ke masyarakat dan memperkuat keandalan listrik di Provinsi Sumatra Selatan dan Lampung.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menyampaikan, hal terpenting dalam proses pembangunannya PLN mengedepankan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) yang mencapai 90,92 persen untuk SUTET dan 70 persen untuk GITET.

“Melalui Unit Induk Pembangunan Sumatra Bagian Selatan (UIP SBS), PLN telah melakukan penyalaan pertama/energize SUTET 275 kV yang menghubungkan antara Muara Enim – Gumawang,” ujar dia, Senin (7/5/2024) lalu.

Darmawan mengatakan, PLN terus mendorong pembangunan Tol Listrik Sumatra yang termasuk proyek strategis nasional (PSN). PLN, sambung dia, akan terus berinovasi dan berjuang di garis terdepan untuk menghadirkan energi listrik yang berkualitas, andal dan berwawasan lingkungan.

“Sebagai salah satu kebutuhan dasar masyarakat, kami ingin listrik turut mendorong geliat ekonomi di masyarakat dan para pelaku industri dalam negeri,” kata dia.

Terkait pengoperasian SUTET dan GITET berkapasitas 275 kV itu, ungkap Darmawan, akan menjadi backbone kelistrikan di Sumsel dan Lampung. Pihaknya yakin, kapasitas yang ada akan mampu memenuhi setiap kebutuhan masyarakat.

"Pengoperasian infrastruktur ketenagalistrikan itu dilaksanakan dengan aman dan andal. Kami berharap listrik di Sumatera kedepannya akan semakin andal,” ungkap dia.

Darmawan menjelaskan, pembangunan SUTET 275 kV Muara Enim – Gumawang juga didukung dua infastruktur penopang berupa GITET 275 kV Muara Enim dan GITET 275 kV Gumawang 3 x 250 Mega Volt Ampere (MVA).

Sementara, General Manager PLN UIP SBS, Wahidin menerangkan, pembangunan SUTET 275 kV Muara Enim – Gumawang terdiri atas 325 tower yang terhubung secara sistem ke Tol Listrik 275 kV Sumatera dan melintasi Kabupaten Muara Enim, Kabupaten OKU dan Kabupaten OKU Timur.

“Tujuannya, SUTET akan menopang sub-sistem Sumbagsel yang saat ini memiliki beban puncak 2.512 Mega Watt (MW). Dengan beroperasinya SUTET ini, akan menambah kapasitas pasokan listrik pada GITET 275 kV Gumawang sebesar 3 x 250 MVA. Selain meningkatkan keandalan pasokan listrik, juga mendorong pertumbuhan ekonomi dan investasi,” terang dia.

Pembangunan SUTET dan GITET ini juga, jelas Wahidin, mengutamakan pengunaan komponen dalam negeri dengan nilai TKDN. Proses pembangunan konstruksi transmisi dan gardu induk berjalan dengan lancar dengan penerapan prinsip Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) secara konsisten.

Editor : Sidratul Muntaha

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut