get app
inews
Aa Read Next : Lepas 388 Jemaah Haji Kloter Pertama, Menag Yaqut: Tolong Jangan Selipkan Niat-niat Lain

Kloter Pertama Jemaah Haji Indonesia Berangkat 12 Mei 2024, Menag Cek Persiapan Akhir di Tanah Suci

Selasa, 07 Mei 2024 | 14:25 WIB
header img
Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas. (Foto/Kemenag)

JAKARTA, iNewspalembang.id - Kloter pertama jemaah haji Indonesia pada penyelenggaran ibadah haji 1445 H/2024 M, diberangkatkan pada Minggu, 12 Mei 2024 nanti.

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menyatakan, bahwa untuk proses pemberangkatan jemaah haji tersebutakan berlangsung hingga 10 Juni 2024.

Insyaallah, sambung Menag, dirinya sendiri yang akan melepas keberangkatan kloter pertama jemaah haji Indonesia di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, pada 12 Mei 2024 mendatang. Saat ini pihaknya akan mengecek persiapan akhir layanan di Tanah Suci jelang keberangkatan jemaah haji Indonesia.

“Saya berangkat ke Saudi untuk melihat persiapan akhir layanan bagi jemaah haji Indonesia. Pengecekan akan saya lakukan baik di Makkah, Madinah, termasuk persiapan layanan di Arafah, Muzdalifah, dan Mina,” ujar dia, dalam pernyataannya, Senin (06/05/2024), sebelum bertolak ke Arab Saudi pada Selasa (07/05/2024) dini hari.

Yaqut mengatakan, sesampai di Jeddah akan melakukan pertemuan dengan pihak Masyariq untuk membahas sejumlah persiapan layanan yang penyediaannya menjadi tanggung jawab mereka.

“Juga akan bahas sejumlah langkah mitigasi untuk memastikan layanan berjalan lancar dan kejadian tahun lalu tidak terulang,” kata dia.

“Baik di Makkah maupun Madinah, kita akan cek kesiapan hotel dan konsumsi jemaah. Kita juga akan lihat kesiapan terminal bus shalawat di Makkah, baik di Syib Amir maupun Ajyad,” imbuh dia.

Penyelenggaran ibadah haji 1445 H ini, Indonesia mendapat kuota sebesar 241 ribu jemaah yang terdiri atas 213.320 jemaah haji reguler dan 27.680 jemaah haji khusus.

Sebelum jemaah haji tiba di Arab Saudi, Kementerian Agama (Kemenag) akan memberangkatkan Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi 1445 H/2024 M.

Tim Pendahulu PPIH Arab Saudi telah berangkat pada 2 Mei 2024. Kemudian, PPIH Daerah Kerja (Daker) Bandara dan Daker Madinah akan diberangkatkan pada 8 Mei 2024. Sementara untuk PPIH Daker Makkah dijadwalkan berangkat pada 15 Mei 2024.



 

Editor : Sidratul Muntaha

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut