get app
inews
Aa Read Next : Dinilai Langgar SE Mendagri, Mutasi Kepala Sekolah SMPN 1 Padamaran Bisa Dibatalkan  

431 Ekor Kerbau di OKI Mati Mendadak, Diduga Terjangkiti Virus Septiceimia Epizootica

Selasa, 16 April 2024 | 14:56 WIB
header img
Ratusan kerbau di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI)  Sumatera Selatan, mati mendadak diduga akibat terjangkit virus S-E atau Septiceimia Epizootica. Foto: Fitriadi

OKI, iNewsPalembang.id - Ratusan kerbau di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI)  Sumatera Selatan, mati mendadak diduga akibat terjangkit virus S-E atau Septiceimia Epizootica. Peternak kerbau di daerah tersebut mengalami kerugian besar karena belum ada obat penawarnya.

Sekitar 431 ekor kerbau tersebut adalah milik warga di Desa Bangsal dan Kuro, Kecamatan Pampangan, Kabupaten OKI, Sumatera Selatan.

Kematian massal kerbau ini disebabkan oleh virus S-E atau Septiceimia Epizootica. Para peternak kerbau di desa tersebut mengakui bahwa mereka merasa panik dan mengalami kerugian besar. Harga jual kerbau yang biasanya mencapai Rp17 juta per ekor, kini hanya terjual seharga Rp4 juta saja.

Meskipun daging kerbau tersebut tidak membahayakan jika dikonsumsi, namun hingga saat ini belum ditemukan obat penawar untuk virus tersebut. Sementara itu, kerbau-kerbau yang masih sehat hanya disuntik vaksinasi oleh pemerintah sambil menunggu adanya obat yang bisa memberantas virus tersebut.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Palembang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut