get app
inews
Aa Read Next : Siaga Arus Mudik Lebaran 2024, PLN Pastikan SPKLU Kendaraan Listrik di Jalan Tol Sumsel Aman

Bikin Tenang dan Nyaman, PLN Siapkan Posko Mudik di Sejumlah Wilayah Kota Palembang

Kamis, 11 April 2024 | 10:15 WIB
header img
Personel PLN UP3 Palembang saat bersiaga di salah satu Posko Siaga yang menyediakan fasilitas SPKLU di Palembang, Rabu (10/4)2024). (iNewspalembang.id/ist)

PALEMBANG, iNewspalembang.id - Sebanyak tujuh posko mudik dan delapan posko siaga di sejumlah Kota Palembang disiapkan PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Palembang, selama masa siaga Idul Fitri 1445.

Menurut Manager PLN UP3 Palembang, Widodo, agar merasakan ketenangan dan kenyamanan selama perjalan, pihaknya telah menyiapkan fasilitas yang dibutuhkan para pemudik.

Nantinya bagi para pemudik yang melintas dapat memanfaatkan fasilitas posko mudik yang disediakan, mulai dari tempat istirahat serta minuman dan makanan ringan. Selain posko mudik, PLN juga menyiagakan petugas untuk mengantisipasi kondisi kelistrikan.

Misal, sambung dia, bila pemudik yang menggunakan kendaraan listrik, PLN menyediakan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang sudah lengkap.

"Posko Mudik ini dapat dimanfaatkan para pelanggan ataupun pemudik yang melintasi Posko Mudik PLN. Semua fasilitas yang kami siapkan bisa dimanfaatkan pemudik secara gratis. Itu semua tersebar di seputaran Kota Palembang," ujar dia, Kamis (11/4/2024).

Widodo mengatakan, selain SPKLU Mobile, PLN Palembang juga menyiapkan SPKLU ULP Rivai dan Icon Plus di Jalan Demang Lebar Daun, SPKLU ULP Ampera di Jakabaring, SPKLU Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II, SPKLU ULP Pangkalan Balai di Banyuasin, dan SPKLU ULP Sekayu di Musi Banyuasin (Muba).

Kemudian, ungkap dia, untuk mengamankan keandalan pasokan listrik selama Ramadan dan Lebaran Idul Fitri 2024, PLN UP3 Palembang menyiagakan 372 personel mulai dari pegawai PLN, Tim PDKB dan Tenaga Alih Daya di 8 Posko, yakni satu posko di UP3 Palembang dan 7 Posko di Unit Layanan Pelanggan di wilayah kerja UP3 Palembang. 

"PLN UP3 Palembang juga menyiapkan prasarana pendukung berupa 23 Unit Mobil Pelayanan, 27 unit motor pelayanan, dan 2 unit crane," ungkap dia.

Sementara, General Manager PLN UID S2JB, Adhi Herlambang menjelaskan, PLN tak hanya berkomitmen mengoptimalkan layanan SPKLU, tetapi kesiagaan di wilayah kerjanya. Karena pada momen Idul Fitri 1445H ini, PLN UID S2JB mengamankan lokasi prioritas dan tempat ibadah yang digunakan masyarakat untuk Solat Idul Fitri.

“Tim siaga kami berhasil mengamankan 56 titik lokasi prioritas termasuk tempat-tempat ibadah untuk solat Idul Fitri, serta 154 lokasi stakeholder dan VVIP. Kami mengapresiasi stakeholder dan rekan-rekan media yang sudah mendukung PLN bersiaga, tentunya petugas di lapangan yang secara bergantian siaga selama 24 jam sepanjang Idul Fitri ini," jelas dia.

Tak lupa, Adhi mengimbau, bagi masyarakat yang hendak mudik agar memastikan kelistrikan di rumah aman, dengan mencabut aliran listrik yang tidak diperlukan. Potensi bahaya listrik dapat dilaporkan melalui aplikasi PLN Mobile.

Editor : Sidratul Muntaha

Follow Berita iNews Palembang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut