get app
inews
Aa Read Next : Kharisma Alex Noerdin Belum Pudar, Mawardi-Harnojoyo Kembali Temui Sang Pelopor di Lapas Pakjo

Belum Tentu Harnojoyo, Kader Partai Demokrat yang Disiapkan untuk Pilgub Sumsel Ada di Tangan SBY  

Selasa, 09 April 2024 | 07:25 WIB
header img
Sekretaris DPD Partai Demokrat Sumsel, Muchendi Mahzareki. (iNewspalembang.id/isidratul muntaha)

PALEMBANG, iNewspalembang.id – Partai Demokrat belum bisa memastikan apakah salah satu kader mereka, Harnojoyo, mendapat restu dari petinggi partai, untuk menjadi calon Wakil Gubernur Sumsel, pada Pilkada Serentak 2024 nanti.

Menurut Sekretaris DPD Partai Demokrat Sumsel, Muchendi Mahzareki, hingga hari ini pihaknya belum tahu siapa yang resmi akan didukung, karena memang belum membuka pendaftaran.

“Namun, saat ini sudah ada calon kader Partai Demokrat yakni Pak Harnojoyo, yang sudah dipinang Pak Mawardi Yahya dari Partai Gerindra,” ujar dia.

Kendati belum ada keputusan apapun bahwa Partai Demokrat mencalonkan siapa, termasuk kader sendiri yakni Harnojoyo, kata Muchendi, namun perlu disampaikan bahwa Partai Demokrat ini mengutamakan kader di setiap pencalonan.

“Jadi tidak menutup kemungkinan Pak Harnojoyo bisa didukung oleh partai untuk maju sebagai calon wakil gubernur. Tapi saat ini belum sampai kesitu karena masih berproses, masih ada tahapan yang harus dilalui. Pendaftaran dululah,” kata dia.

Wakil Ketua DPD Sumsel ini mengungkapkan, pada proses pendaftaran nanti, tentu Partai Demokrat menerima semua pendaftar dan sangat terbuka, sama seperti periode-periode sebelumnya.

Setelah pendaftaran, sambung dia, baru akan ada proses yang harus dilalui, termasuk mencari koalisi partai, serta restu dari Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yoedhoyono.

“Karena untuk menjadi calon kepala daerah level gubernur atau wakil gubernur, keputusannya ada di Ketua Umum dan Majelis Tinggi Partai Demorkat, ya itu dari Pak SBY (Soesilo Bambang Yoedhoyono),” ungkap dia.

“Nanti majelis tinggi lah yang menyiapkan nama-nama, siapa yang disiapkan untuk menjadi calon (gubernur/wakil gubernur). Namun untuk level calon bupati/wali kota ataupun wakilnya, itu (yang memutuskan) sebatas di Ketua Umum, tidak sampai ke Pak SBY,” imbuh dia.

Kemudian, jelas dia, khusus untuk Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sumsel 2024 ini, Partai Demokrat yang mendapatkan 8 kursi di DPRD Sumsel dan tentu harus berkoalisi.

Pria yang akrab disapa Endi ini melanjutkan, apakah nanti ada kader Demokrat Sumsel lainnya selain nama Harnojoyo, hingga sejauh ini belum ada. Namun bisa jadi nanti ada kader Demokrat lain yang memang ingin maju, misal Ketua DPD Partai Demokrat Sumsel sendiri.

“Ya karena kan situasi politik di Sumsel saat ini masih sangat cair, dinamis dan kita yakin bahwa semakin mendekati Pilkada semakin banyak kejutan dan perubahan-perubahan,” jelas dia.

“Sampai saat ini calon yang diketahui dan kader Partai Demokrat baru Pak Harnojoyo. Namun kita kedepan belum bisa diprediksi. Karena ada kader-kader lain yang juga punya potensi bisa maju atau bisa juga diajak menjadi wakil (gubernur),” tandas dia.

 

 

 

 

Editor : Sidratul Muntaha

Follow Berita iNews Palembang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut