get app
inews
Aa Read Next : Hadirkan Infrastruktur AI, Presiden Jokowi Sebut Microsoft Bakal Investasi Sebesar Rp27,6 Triliun

Ini Jawaban Presiden Jokowi Soal Siapa Figur Ketua KPK Pengganti Firli Bahuri

Sabtu, 30 Desember 2023 | 12:35 WIB
header img
Presiden Jokowi saat menjawab media usai menghadiri Rapat Konsolidasi Nasional 2023 dalam Rangka Kesiapan Pemilu 2024 di Istora Senayan GBK, Jakarta Pusat, Sabtu (30/12/2023).

JAKARTA, iNewspalembang.id – Siapa tokoh yang bakal menggantikan Firili Bahuri sebagai Ketua Komisi Pemberantas Korupsi (KPK) disebut masih dalam proses.

Hal tersebut ditegaskan Presiden Joko Widodo (Jokowi) usai menghadiri Rapat Konsolidasi Nasional 2023 dalam Rangka Kesiapan Pemilu 2024 di Istora Senayan, Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta Pusat, Sabtu (30/12/2023). 

“Sudah saya tanda tangan (Keppres). Masih dalam proses semuanya,” ujar Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi sebelumnya telah memberhentikan Firli Bahuri dari Ketua KPK berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 129/P Tahun 2023 per tanggal 28 Desember 2023.  

Presiden Jokowi mengeluarkan Keppres pemberhentian Firli Bahuri berdasarkan hasil sidang Dewan Pengawas (Dewas) KPK terkait Putusan Dugaan Pelanggaran Ketua (Nonaktif) KPK Firli Bahuri pada Rabu (27/12).

Dalam putusannya, Dewas KPK merangkum tiga pelanggaran etik Firli. Pertama, Firli diduga mengadakan hubungan langsung maupun tak langsung dengan pihak lain yang sedang berperkara di KPK.

Kedua, Firli tak melaporkan pertemuan itu kepada Pimpinan KPK lainnya.  Ketiga, Firli dianggap tak jujur dalam melaporkan harta kekayaannya dalam formulir laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN).

Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Jokowi Tegaskan Pengganti Firli Bahuri di KPK Masih dalam Proses  ",

Klik untuk baca: https://www.inews.id/news/nasional/jokowi-tegaskan-pengganti-firli-bahuri-di-kpk-masih-dalam-proses.


 

Editor : Sidratul Muntaha

Follow Berita iNews Palembang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut