get app
inews
Aa Read Next : Terkait Kasus Dugaan Korupsi Dana Hibah, Kejati Sumsel Bawa Mantan Ketua KONI Sumsel ke Rutan Pakjo

Potensi Masalah Porprov XIV 2023 Lahat, Pengprov Perbasi Sebut Cabor Basket Tak Dapat Dilaksanakan

Selasa, 12 September 2023 | 22:15 WIB
header img
Ilustrasi Porprov XIV 2023 Lahat. (iNewspalembang.id/tangkap layar)

PALEMBANG, iNewspalembang.id -  Mendekati pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XIV 2023 Lahat, ada indikasi bahwa anggaran untuk ajang olahraga tingkat provinsi itu belum jelas dan minim.

Menurut Ketua Tim Advokasi Pembela Hak Anggota (TAPAK) KONI Sumsel, Mualimin Pardi Dahlan, indikasi itu muncul dari beredarnya surat yang dikeluarkan Pengurus Provinsi (Pengprov) Perbasi Sumsel No 113 tanggal 9 September 2023, yang memberitahukan kepada Panitia Besar (PB) Porprov Sumsel bahwa untuk pelaksanaan Porprov XIV 2023 Lahat cabang olahraga (cabor) Bola Basket tidak dapat dilaksanakan.

"Dengan alasan belum ada kejelasan biaya, waktu yang semakin dekat, dan panitia cabor yang dibatasi. Berikutnya, pada cabor Panjat Tebing Kabupaten Banyuasin, yang diminta untuk mengurangi jumlah atlet dan tim official dengan alasan minimnya biaya," ujar dia, Selasa (12/9/2023).

Indikasi kedua, ungkap Mualimin, soal belum jelasnya status penanggungjawab kegiatan, apakah masih dipegang oleh Ketua Umum KONI Sumsel atau oleh Karateker Ketua Umum yang sebelumnya pernah dinyatakan akan ditunjuk oleh KONI Pusat.

Kemudian, sambung Mualimin, kebijakan pendamping cabor dan dukungan yang ditetapkan pemerintah daerah (pemda) masing-masing kontingen berbeda satu sama lain. 

Pria yang akrab disapa Apeng ini mencontohkan, bahwa Pemkot Palembang mengadakan rapat khusus penunjukan pendamping cabor, Selasa (12/9/2023) ini. Faktanya, tidak semua pendamping dapat membantu karena memang tidak ada standar ukuran fungsi tugas pendamping, dan bentuk dukungannya seperti apa.

"Satu contoh, Cabor Panjat Tebing ketika silaturahmi dengan Dinas Perdagangan Kota Palembang selaku pendamping yang diterima oleh Sekdis, menyatakan belum bisa membantu karena belum ada arahan dari kepala dinas yang lagi dinas luar;" ungkap dia.

Apeng menilai, kondisi Kota Palembang
berbeda dengan Pemkab Muba, yang memberi dukungan penuh dengan menerbitkan tiga kebijakan sekaligus yang diumumkan secara terbuka yakni: SK Bupati Muba Nomor: 590/KPTS-KONI-MUBA/2023 tentang Satgas Muba Sinergi Kontingen PORPROV XIV 2023 Kab. Musi Banyuasin, Surat Perintah Tugas Pendamping Cabor Nomor: 306/SPT/KONI-MUBA/XIV/2023 ditandatangani Pj Bupati Muba, dan Surat Izin/Dispensasi bagi kontingen yang dikeluarkan langsung oleh Pj Sekda Muba.

"Terlepas dari situasi di atas, kami melihat umumnya semua cabor tetap berupaya untuk mencari jalan keluar dan menutupi kekurangan masing-masing, dan ini sepatutnya diapresiasi sebagai upaya yang dilakukan tidak lain demi suksesnya penyelenggaraan Porprov XIV 2023 Lahat," tandas dia.

Editor : Sidratul Muntaha

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut