JAKARTA, iNews.id – PT PLN (Persero) memberikan kemudahan bagi pelanggan untuk menyampaikan pengaduan layanan kelistrikan, yakni melalui aplikasi PLN Mobile.
Executive Vice President Komunikasi Korporat dan TJSL PLN, Agung Murdifi mengatakan, listrik merupakan elemen penting penunjang aktivitas masyarakat, untuk itu pihaknya menyediakan layanan pengaduan bagi pelanggan terkait masalah kelistrikan.
Agung menjelaskan, untuk mempermudah pelanggan dalam melaporkan pengaduan, PLN menyempurnakan fitur dalam aplikasi PLN Mobile. Saat ini fitur pengaduan layanan pada Aplikasi PLN Mobile versi terbaru telah dirancang dan terintegrasi dengan baik.
Sehingga pelanggan dapat membuat laporan terkait gangguan kelistrikan, laporan tersebut langsung diterima petugas pelayanan teknik. Selain itu, pelanggan juga dapat memantau progres pengaduan secara real time. Selain melalui aplikasi, keluhan juga dapat disampaikan ke Contact Center PLN 123.
"Semoga inovasi yang kami hadirkan, semakin memudahkan pelanggan,” kata Agung, dikutip dari situs resmi PLN, Jumat (21/1/2022).
Ia menerangkan, pelanggan yang ingin menyampaikan laporan gangguan layanan kelistrikan melalui PLN Mobile, ada dua opsi yang dapat ditempuh yakni dengan menggunakan identitas pelanggan terdaftar (ID Pelanggan) atau nomor meteran, atau menggunakan titik lokasi.
Untuk melaporkan masalah dengan menggunakan ID Pelanggan/No Meter dapat dilakukan dengan tahapan sebagai berikut:
1. Untuk melakukan pengaduan, pelanggan perlu memiliki aplikasi PLN Mobile. Aplikasi ini tersedia di app store seperti Play Store dan App Store.
2. Buka aplikasi, kemudian klik menu Pengaduan di halaman depan aplikasi. Pilih jenis pengaduan yang ingin diajukan.
3. Di kolom yang disediakan, masukkan ID pelanggan yang ingin diadukan. Anda juga dapat memasukkan ID pelanggan atau nomor meter lain.
4. Jika pelanggan tidak mengetahui nomor ID pelanggan, maka cukup tunjukkan lokasi melalui map yang disediakan. Tentukan lokasi, kemudian klik Konfirmasi.
5. Isikan data lokasi yang sesuai, kemudian pilih tombol “LANJUTKAN”.
6. Lampirkan foto kendala (bila ada), dan input deskripsi laporan, lanjutkan dengan memilih “KIRIM PENGADUAN”.
7. Pelanggan akan menerima Nomor Laporan dengan format: Gxxxxx. Pilih “OK” sehingga laporan diteruskan ke pihak terkait, sementara layar gawai diteruskan ke halaman Riwayat Pengaduan.
Selanjutnya, pelanggan tinggal melacak status penanganan gangguan yang dilakukan oleh petugas PLN terhadap laporan secara real time. Mulai dari waktu laporan diterima, status petugas menuju lokasi gangguan, status pekerjaan penanganan gangguan oleh petugas hingga status permasalahan pelanggan selesai diatasi.
Di samping melalui aplikasi PLN Mobile, pelanggan juga dapat mengajukan pengaduan ke PLN melalui Contact Center PLN melalui sambungan telepon di nomor 123.
Pelanggan juga bisa menghubungi akun resmi Contact Center PLN untuk melakukan pengaduan layanan. Pelanggan dapat memilih salah satu akun media sosial Contact Center PLN. Ada Twitter di @pln_123, Facebook PLN 123, Instagram @pln123_official, maupun E-mail di [email protected].
Editor : Agustian Pratama