get app
inews
Aa Read Next : Ambil Formulir Bacagub Sumsel, Alfrenzi Panggarbesi: PKB adalah Rumah Besar Herman Deru

Gubernur Herman Deru Sebut Wilayah Langganan Terjadi Karhutla di Sumsel ada di Kabupaten OKI

Jum'at, 08 September 2023 | 16:15 WIB
header img
KSAD Jenderal TNI Dr Dudung Abdurachman bersama Gubernur Sumsel Herman Deru saat memperhatikan titik api di wilayah sumsel di sela Rakor Pengendalian karhutla, di Posko Karhutla Kantor BPBD Sumsel, Jumat (8/9/2023). (iNewspalembang.id/ist)

PALEMBANG, iNewspalembang.id – Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dr Dudung Abdurachman bersama Gubernur Sumsel Herman Deru menggelar Rapat Koordinasi Pengendalian kebakaran hutan dan lahan (karhutla), di Posko Karhutla Kantor BPBD Sumsel, Jumat (8/9/2023).

Herman Deru menyatakan, potensi ancaman kemarau yang ekstrim atau berpotensi El Nino seperti prakiraan dari BMKG, menjadi perhatian semua pihak.

“Oleh sebab itu, diperlukan kesadaran semua pihak untuk menjaga atau tidak melakukan pembakaran secara sembarangan, sehingga dapat memicu terjadinya kebakaran yang tidak terkendali,” ujar dia.

Herman Deru mengungapkan, salah satu kabupaten di Provinsi Sumsel yang kerap kali menjadi langganan terjadinya karhutla adalah wilayah kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI).

“Karena kabupaten tersebut sangat luas dan dikelilingi oleh lahan gambut seluas 638.379 hektare (Ha),” ungkap dia.

Selain itu, jelas Herman Deru, peranan beberapa lembaga swadaya masyarakat, yang peduli dengan permasalahan lingkungan, khususnya karhutla, juga menjadi bagian penting dalam pengendalian karhutla tersebut.

“Hal itu bisa dilakukan dalam bentuk edukasi kepada masyarakat, penguatan ketrampilan bagi para relawan pemadam kebakaran, maupun bantuan sarana dan prasarana pemadaman atau bantuan lainnya,” tandas dia.

Dalam rakor tersebut, juga juga dihadiri Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sumsel, mulai dari Ketua DPRD Sumsel RA Anita Noeringhati, Pangdam II Sriwijaya Mayjen TNI Yanuar Adil, Kapolda Sumsel Irjen Pol Albertus Rachmad Wibowo, Danlanud Sri Mulyono Herlambang Kolonel Pnb Sigit Gatot Prasetyo, M.M.O.A.S.

 

 

 

 

Editor : Sidratul Muntaha

Follow Berita iNews Palembang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut