get app
inews
Aa Read Next : Cegah Politik Uang, KPK Beri Saran Ini Terkait Bagaimana Penyaluran Bansos secara Efektif  

Nah Lho! Giliran Dahlan Iskan Dipanggil KPK, Mungkinkah Ada Kaitan dengan Perkara Ini

Kamis, 07 September 2023 | 11:05 WIB
header img
Menteri BUMN periode 2011 - 2014, Dahlan Iskan. (iNewspalembang.id/ist)

JAKARTA, iNewspalembang.id – Mantan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan, diperiksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebagai saksi terkait terkait kasus dugaan korupsi pengadaan Liquefied Natural Gas (LNG) atau gas alam cair di PT Pertamina (PTPM) Persero tahun 2011-2021, Kamis (7/9/2023).

Kabag Pemberitaan KPK, Ali Fikri membenarkan, adanya pemanggilan dan pemeriksaan Dahlan Iskan tersebut.

"Hari ini (7/9) bertempat di Gedung Merah Putih KPK, tim penyidik menjadwalkan pemanggilan dan pemeriksaan saksi Dahlan Iskan (Menteri BUMN periode 2011 sampai dengan 2014)," ujar dia, melalui pesan singkatnya, Kamis (7/9/2023).

Meski demikian, terkait apa kaitan Dahlan Iskan dalam perkara tersebut dan apa yang ingin didalami penyidik masih belum diketahui. Namun,berhembus kabar, KPK ingin mendalami proses pengadaan LNG di PT Pertamina yang diduga merugikan keuangan negara.

Diketahui bahwa KPK telah meningkatkan status penanganan perkara dugaan korupsi pengadaan LNG di PT Pertamina (PTPM) Persero tahun 2011-2021 dari tahap penyelidikan ke penyidikan. KPK juga menetapkan sejumlah tersangka terkait penyidikan perkara tersebut.

Hanya saja, lembaga antirasuah itu masih merahasiakan nama-nama tersangka. KPK hanya memastikan telah mengantongi bukti permulaan yang cukup terkait korupsi pengadaan LNG di Pertamina.

KPK telah  memeriksa Direktur Utama PT Pertamina periode 2014-2017, Dwi Soetjipto dan Dewan Komisaris PT Pertamina periode 2010-2013, Evita Herawati Legowo.

KPK juga sudah menggeledah kantor pusat PT Pertamina dan rumah kediaman para pihak yang terkait perkara. Dari penggeledahan itu, KPK mengamankan barang bukti dokumen.

Selain itu, KPK mencegah bepergian ke luar negeri terhadap empat orang yang berkaitan dengan kasus ini untuk 6 bulan ke depan. Salah satunya yakni mantan Direktur Utama Pertamina, Karen Agustiawan.

Kemudian, mantan Plt Dirut Pertamina, Yenni Andayani; mantan Direktur Gas dan Corporate Secretary Pertamina, Hari Karyuliarto dan LNG Business Implementation and Monitoring, Dimas Mohamad Aulia.



Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " KPK Panggil Eks Menteri BUMN Dahlan Iskan Hari Ini, Kasus Apa? ",

Klik untuk baca: https://www.inews.id/news/nasional/kpk-panggil-eks-menteri-bumn-dahlan-iskan-hari-ini-kasus-apa/2.


 

Editor : Sidratul Muntaha

Follow Berita iNews Palembang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut