get app
inews
Aa Read Next : Kades Rumbai Dilaporkan ke Bawaslu OKI, Diduga Terlibat Dukung Paslon JADI  

DCT Belum Kelar, Calon Kontestan Pemilu 2024 Diminta Bawaslu OKI Lebih Menahan Diri Berkampanye

Rabu, 30 Agustus 2023 | 16:05 WIB
header img
Ketua Bawaslu Kabupaten OKI, Romi Maradona. (iNewspalembang.id/ist)

KAYUAGUNG, iNewspalembang.id – Calon kontestan politik Pemilu 2024 diminta untuk menjaga etika kampanye dan menahan diri tidak memulai kampanye sebelum Daftar Calon Tetap (DCT) selesai dan tahapan kampanye resmi ditetapkan.

Menurut Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Romi Maradona, pihaknya mengingatkan para calon peserta untuk menghormati proses demokrasi yang sedang berjalan.

“Karena bertindak dengan kesabaran dalam menunggu DCT selesai, akan mencerminkan kualitas kepemimpinan yang baik dan menghargai prinsip-prinsip demokrasi,” ujar dia, Rabu (30/8/2023).

Romi mengatakan, langkah tersebut tak lain untuk mencegah kemungkinan pelanggaran dan persaingan yang tidak sehat di awal tahapan kampanye. Selain itu, semua calon kontestan sebaiknya memberi contoh positif kepada masyarakat dengan mematuhi aturan dan menjunjung tinggi etika dalam berpolitik.

“Kami juga mengajak masyarakat dan media untuk turut memantau dan melaporkan segala bentuk pelanggaran yang terkait dengan tahapan kampanye,” kata dia.

Langkah ini, ungkap Romi, diharapkan bisa menjaga integritas dan transparansi selama proses Pemilihan Umum berlangsung.

“Diharapkan calon kontestan akan bersikap bijaksana dan bertanggung jawab dalam menyikapi proses demokrasi, sehingga mampu menciptakan iklim politik yang sehat dan bermartabat menjelang Pemilu 2024,” tandas dia.

Editor : Sidratul Muntaha

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut