get app
inews
Aa Read Next : Prabowo-Gibran Tetap Dapat Pengawalan Satgas Pam hingga H-30 Pelantikan Presiden dan Wapres

Elektabilitas Prabowo Subianto dari Survei LSN Unggul di Lima Provinsi Termasuk Sumsel

Senin, 12 Juni 2023 | 11:25 WIB
header img
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.( iNewspalembang.id/ist)

JAKARTA, iNewspalembang.id -  Nama calon presiden (capres) Prabowo Subianto disebut Lembaga Survei Nasional (LSN) unggul di lima provinsi.

Direktur Eksekutif LSN, Gema menyampaikan, hasil survei mereka mendapati Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto
 unggul di 5 provinsi yakni Jawa Barat (Jabar), Banten, Sumatra Utara (Sumut), Sumatra Selatan (Sumsel), dan Sulawesi Selatan (Sulsel).

Sedangkan, capres Ganjar Pranowo lebih unggul di Jawa Tengah, dan Lampung. Sementara Anies menang di DKI Jakarta.

“Untuk di Jawa Barat, Prabowo unggul mutlak. Jika Pemilu dilakukan hari ini, sebanyak 53,2 persen responden asal Jawa Barat memilih Prabowo" Gema, saat memaparkan hasil survei terbarunya bertajuk 'Peta Elektabilitas Tiga Capres Papan Atas di Sembilan Provinsi Terbesar', Minggu (11/6/2023).

Kemudian, ungkap Gema, untuk di Banten, Prabowo kembali unggul mutlak. Seandainya Pemilu digelar hari ini maka sebanyak 57,3 persen responden memastikan pilihannya kepada Prabowo.

“Berikutnya di Sumatra Utara, Prabowo Subianto juga menang jika pemilu dilaksanakan hari ini. Sebanyak 42,5 persen responden yang berdomisili di provinsi terbesar di luar Jawa itu menyatakan pilih Prabowo,” ungkap dia.

Gema menjelaskan, suara capres Prabowo Subianto unggul di Sumsel dengan total 38,5 persen. Berikutnya, di Sulsel Prabowo memimpin dengan 35,6 persen.

Survei LSN dilakukan pada 24 Mei-3 Juni 2023 di 34 provinsi dengan jumlah sampel 1.420 responden diperoleh melalui teknik pengambilan sampel secara acak sistematis dengan wawancara tatap muka dan margin of eror sekitar 2,6 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Editor : Sidratul Muntaha

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut