get app
inews
Aa Read Next : Begini Respons KPK, Soal Oknum Auditor BPK yang Diduga Minta Rp12 M ke Kementan agar Raih WTP

Cuaca Ekstrim El Nino Ancam Indonesia, Kementan Lakukan Upaya Mitigasi Bencana

Sabtu, 10 Juni 2023 | 08:53 WIB
header img
Pembina Institut Agroekologi Indonesia (INAgri), Syamsul Asinar Radjam (FOTO: IST)

 

Oleh karena itu, kata Syamsul, antisipasi program dari pemerintah dalam hal ini Kementerian Pertanian (Kementan), seperti pembangunan embung atau waduk, rehabilitasi irigasi, hibah pompa hingga asuransi pertanian menjadi penting sebagai upaya mitigasi bencana seperti El Nino. 

"Pembangunan embung atau rehabilitasi irigasi, mutlak memerlukan pemulihan ekologi di kawasan pertanian. Misalnya, dengan meningkatkan penyerapan air tanah melalui pelestarian hutan dan mata air yang menjadi sumber embung dan irigasi," papar alumni Fakultas Pertanian Universitas Sriwijaya (UNSRI) Sumsel ini.  

Selain itu, Syamsul setuju dengan cara pemerintah untuk memberikan penyuluhan kepada para petani memberikan sebagai antisipasi menghadapi kerugian akibat El Nino, dengan mulai melakukan pengisian atau menabung air dengan sumur resapan. 

"Mulailah menabung air di sumur-sumur resapan, dan paling penting adalah membangun daya tahan tanah terhadap resiko kekeringan. Caranya dengan sebanyak mungkin mengembalikan bahan organik ke tanah pertanian untuk meningkatkan kemampuan tanah menyimpan air. Bahan organik yang dimaksud bisa dalam bentuk kompos, kotoran ternak, arang (biochar), maupun mulsa alami (jerami)," tutup Syamsul. 

Sebelumnya, Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) sudah melakukan antisipasi dan persiapan dalam menghadapi ancaman kekeringan akibat cuaca ekstrim seperti El Nino. Kementerian Pertanian yang dipimpinan dengan sigap membentuk gugus tugas yang secara khusus untuk menangani hal tersebut.

"Saya meminta untuk dibentuk gugus tugas di setiap wilayah. Kita semua harus duduk bersama untuk merumuskan semuanya, dimulai dari pemetaan wilayah, konsep kelembagaan, hingga rencana aksinya," pungkasnya.  

 

Editor : Andhiko Tungga Alam

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut