get app
inews
Aa Read Next : Maucash Ramaikan Festival Foodies Palembang Dalam Rangka HUT FIFGROUP 

5 Jembatan Terpanjang di Indonesia: Nomor 3 Imbas Pergolakan Politik 1964, Ikon Kota Palembang

Selasa, 30 Mei 2023 | 13:19 WIB
header img
Jembatan Ampera Palembang. Foto: Istimewa

JAKARTA, iNews.id -  Anda dapat mengunjungi jembatan terpanjang di Indonesia ini untuk sekadar berfoto-foto atau melihat desain dan arsitektur yang unik. Di sekitar jembatan juga terdapat pemandangan alam yang indah, yang dapat membantu Anda melepas penat.

Jembatan merupakan salah satu infrastruktur yang dibangun oleh pemerintah di berbagai daerah. Jembatan menghubungkan dua ujung jalan yang terputus, baik itu karena sungai, lembah, selat, jalan raya, atau rel kereta api.

Indonesia memiliki beberapa jembatan yang panjangnya bisa mencapai kilometer-kilometer. Ingin tahu lebih lanjut? Berikut adalah daftar 5 Jembatan Terpanjang di Indonesia:

1. Jembatan Suramadu

Jembatan ini menghubungkan antara Pulau Jawa dan Pulau Madura, dengan panjang 5,438 kilometer dan lebar 30 meter, melintasi Selat Madura.

Jembatan Suramadu diresmikan pada bulan Juni 2009. Jembatan ini memiliki empat lajur dua arah dengan lebar 3,5 meter dan dua lajur darurat dengan lebar 2,75 meter. Yang unik pada jembatan ini adalah adanya lajur khusus bagi pengendara sepeda motor di setiap sisi jembatan.

2. Jembatan Pasupati

Jembatan ini menghubungkan Jalan Terusan Pasteur dan Jalan Surapati, melintasi Cikapundung. Jembatan yang menjadi ikon Bandung ini memiliki panjang 2.800 kilometer dan lebar 21,53 meter.

Jembatan ini dibangun pada tahun 1920 namun sempat terbengkalai. Pembangunannya kemudian dilanjutkan sehingga jembatan ini dapat digunakan pada bulan Juni 2005. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil kemudian mengganti nama jembatan ini menjadi Jalan Layang Prof Muchtar Kusumaatmadja.

Editor : Sazili Mustofa

Follow Berita iNews Palembang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut