Pelaksanaan Vaksinasi Booster Kedua, Sumsel Tunggu Distribusi dari Pusat

Ate Alam
.
Selasa, 24 Januari 2023 | 18:55 WIB
Petugas sedang menyuntikan vaksin

 

PALEMBANG, iNewspalembang.id - Vaksinasi Booster tahap ke-2 sudah dimulai pemerintah pusat. Namun, kondisi kekurangan vaksin menjadi masalah program tersebut belum dapat dilaksanakan di Sumatra Selatan (Sumsel). 

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Sumsel Trisnawarman menjelaskan, stok vaksin Pfizer saat ini sedang tidak tersedia. Pihaknya pun masih menunggu kiriman dari pusat. 

"Di Sumsel, vaksin pfizer sudah tidak ada stok sama sekali," ungkap Trisnawarman, Selasa (24/1/2023). 

Trisnawarman menjelaskan, jika Kemenkes RI telah menjanjikan akan menambah stok vaksin Pfizer untuk kebutuhan booster. Pihaknya berharap dengan adanya kiriman dosis dari pusat akan mempercepat proses booster kedua. 

"Kami sudah mengajukan permintaan vaksin booster kedua sejak satu bulan lalu, namun sampai saat ini belum tiba," jelas dia. 

Dinkes Sumsel mengklaim telah meminta tambahan ratusan ribu vaksin Pfizer untuk masyarakat Sumsel. Nantinya setelah kiriman vaksin sampai, maka pihaknya akan segera membagi sesuai kebutuhan kabupaten dan kota. 

"Kita menunggu vaksin datang, lalu kita distribusikan langsung ke kabupaten dan kota di Sumsel. Tapi sampai sekarang di Sumsel belum bisa lakukan vaksinasi booster kedua karena stok vaksinnya tidak ada," ucap dia. 

Menurutnya masyarakat yang dapat melakukan vaksinasi adalah mereka yang sudah mendapatkan baksinasi booster tahap pertama. Berdasarkan data Dinkes Sumsel, saat ini vaksinasi booster tahap satu di Sumsel mencapai 26,7 persen atau sudah ada 1.457.258 orang dari total masyarakat Sumsel yakni 7.202.758. 

Editor : Andhiko Tungga Alam

Follow Berita iNews Palembang di Google News

Bagikan Artikel Ini