get app
inews
Aa Read Next : Atasi Macet Panjang, Pj Gubernur Agus Fatoni Usulkan Pelebaran Jalan Palembang - Betung

Gerakan Pengendalian Inflasi Serentak Se- Sumsel Segera Dilaunching Pj Gubernur Agus Fatoni 

Jum'at, 26 Januari 2024 | 19:42 WIB
header img
Pejabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni, akan menggelar Operasi Pasar Murah (OPM) secara serentak di 17 kabupaten/kota se-Sumsel. Foto Ist

PALEMBANG, iNewsPalembang.id-Pejabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni, akan menggelar Operasi Pasar Murah (OPM) secara serentak di 17 kabupaten/kota se-Sumsel. OPM ini akan digelar melalui Gerakan Pengendalian Inflasi Serentak Sumatera Selatan (GPISS), yang akan diluncurkan pada 29 Januari 2024.

Dalam OPM tersebut, Pemprov Sumsel akan bekerja sama dengan pemerintah kabupaten/kota, BUMN, BUMD, dan perbankan yang dikoordinir oleh Bank Indonesia. OPM akan menjual berbagai bahan pangan dan pokok dengan harga yang jauh lebih murah dari pasaran, mulai dari Rp3.000 hingga Rp10.000 per kilogram.

Beberapa bahan pokok yang akan dijual dengan harga subsidi, di antaranya cabai merah Rp24.000 per kilogram, bawang merah Rp10.000 per kilogram, bawang putih Rp20.000 per kilogram, gula pasir Rp13.000 per kilogram, beras Rp10.000 per kilogram, dan telur Rp24.000 per kilogram.

GPISS merupakan langkah konkret dari Pemprov Sumsel untuk menekan laju inflasi, terutama di Kabupaten Muara Enim, Kota Palembang, Kota Lubuk Linggau, dan Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI). Pemprov Sumsel berharap agar kabupaten dan kota segera berkolaborasi dengan BUMN dan BUMD di daerah masing-masing untuk menyukseskan OPM ini.

Hal ini disampaikan oleh Asisten II Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Pembangunan Setda Sumsel, Basyaruddin Akhmad, saat memimpin Rapat Koordinasi Persiapan Pelaksanaan Launching GPISS di ruang Rapat Bina Praja Kantor Gubernur, Palembang, Sumatera Selatan, pada hari Kamis (25/1/2024).  

“Untuk PT Bukit Asam itu bisa membantu Tanjung Enim dan Muara Enim kemarin sudah kita sampaikan. Semen Baturaja itu bisa membantu OKU, kemudian yang paling banyak di Kota Palembang ada Pusri ada Pertamina dan lain sebagainya dan kemarin kita sudah sampaikan juga Bank Sumsel Babel yang memiliki cabang di 17 kabupaten/ kota juga akan menggelar pasar murah,” papar Basyaruddin.

Sebagai informasi, Operasi Pasar Murah (OPM) akan digelar secara serentak di Sumsel setiap hari Senin, Selasa, Kamis dalam setiap pekannya mulai dari jam 08.00 WIB sampai selesai. Nantinya, di Kota Palembang terdapat dua lokasi yang berbeda, yaitu di Kantor Camat Ilir Timur II dan Samping Kantor Korem 044 Gapo KM 5 Palembang.

Editor : Suriya Mohamad Said

Follow Berita iNews Palembang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut