get app
inews
Aa Read Next : Cegah Politik Uang, KPK Beri Saran Ini Terkait Bagaimana Penyaluran Bansos secara Efektif  

Gaung Pencegahan Korupsi Makin Terasa

Kamis, 16 Desember 2021 | 21:00 WIB
header img
Peserta TAPAKSIAPI 2021 diikuti 1.500 orang sejak 14–16 Desember 2021, baik secara virtual ataupun tatap muka, Kamis (16/12/2021). IST

JAKARTA, iNews.id – Semangat pencegahan antikorupsi semakin tinggi. Itu terlihat dari peserta kegiatan Temu Aksi Penyuluh Antikorupsi dan Ahli Pembangun Integritas (TAPAKSIAPI) 2021 selama tiga hari terakhir diikuti 1.500 orang.

Peserta yang datang dari Penyuluh Antikorupsi (PAKSI) dan Ahli Pembangun Integritas (API), bukti nyata semagat tinggi memerangi korupsi di Negara ini dengan menekankan pada pencegahan.

Pelaksana Harian (Plh) Deputi Pendidikan dan Peran Serta Masyarakat (Dikmas), Niken Ariati menyampaikan, semangat yang ditunjukkan peserta TAPAKSIAPI, baik melalui tatap muka ataupun daring, sejak 14 – 16 Desember 2021, menjadi suplemen bagi pihaknya.

“Kami berharap TAPAKSIAPI ini dapat menjadi momentum dan langkah awal program PAKSI dan API 2022. Buat kami, yang berhasil itu apabila sudah bisa mendorong inisiasi masyarakat untuk membangun pencegahan korupsi secara mandiri karena KPK tidak akan berarti tanpa bantuan Bapak/Ibu sekalian,” ujar Niken.

Ke depan, sambung Niken, KPK berkomitmen untuk terus menggandeng PAKSI dan API sebagai mitra strategis khususnya dalam kegiatan sosialisasi dan kampanye.

Kegiatan TAPAKSIAPI ini, ujar Niken, merupakan salah satu contoh implementasi strategi jangka panjang Kedeputian Dikmas sampai dengan tahun 2031 yang membutuhkan peningkatan profesionalitas, kompetensi, dan sertifikasi bidang antikorupsi, serta penerapannya oleh para alumni.

Masih kata Niken, KPK menyelenggerakan TAPAKSIAPI 2021 sebagai rangkaian peringatan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) 2021. Hari ketiga kegiatan diisi dengan menggelar talkshow dan parade aksi.

Untuk diketahui, kegiatan Talkshow dibagi ke dalam dua sesi, yaitu untuk para PAKSI dan untuk para API.

Hadir pada sesi API, VP Compliance Div PT BNI Rahmawati, Senior Executive VP Manajemen Risiko PT PLN Chairani Rachmatullah, Deputi Direktur Bidang Kepatuhan dan Hukum BPJS Ketenagakerjaan merangkap Ketua Unit Pengendali Gratifikasi/Fraud/Kepatuhan Antipenyuapan Suirwan.

“BNI punya beberapa program misalnya compliance reminder yang membahas topik dan lesson learned terkait legal, compliance, dan gratifikasi. Kami juga ada Daily Exercise Employee Program (DEEP) sebagai salah satu cara internalisasi nilai-nilai integritas pegawai. Selain itu, per semester seluruh pegawai ada deklarasi gratifikasi dan antisuap,” tambah VP Compliance Div PT BNI Rahmawati.

Antisuap bukan saja penting buat BUMN, tapi juga buat perusahaan swasta sekalipun.

Editor : M. Rizal Effendi

Follow Berita iNews Palembang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut