get app
inews
Aa Read Next : Cuaca Terik Sepekan Ini Akibat Fenomena Gelombang Panas, Begini Penjelasan BMKG

BMKG Sebut Sejumlah Wilayah Ini Berpotensi Hujat Lebat di Tahun Baru 2023

Selasa, 27 Desember 2022 | 11:45 WIB
header img
Ilustrasi cuaca ekstrem. (iNews.id)

JAKARTA, iNewspalembang.id – Sebagian besar wilayah di Indonesia diprediksi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) bakal dilanda hujan lebat pada Tahun Baru 2023.

Menurut Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati, potensi tersebut muncul akibat peningkatan curah hujan karena sejumlah dinamika atmosfer seperti, peningkatan aktivitas Monsun Asia yang dapat meningkatkan pertumbuhan awan hujan secara signifikan di wilayah Indonesia bagian barat, tengah dan selatan.

“Ppeningkatan aktivitas Monsun Asia ini pertama memicu pertumbuhan awan hujan secara signifikan di wilayah Indonesia bagian barat tengah dan selatan,” ujar dia, Selasa (27/12/2022).

Dwikorita mengungkapkan, dinamika atmosfer berikutnya seperti adanya indikasi pembentukan pusat tekanan rendah di sekitar wilayah perairan selatan Indonesia, yang berpotensi menyebabkan hujan dengan intensitas tinggi.

“Kemudian peningkatan kecepatan angin permukaan, serta peningkatan tinggi gelombang di sekitarnya. Potensi hujan lebat hingga sangat lebat akan terjadi di wilayah Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, NTB, NTT, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Maluku,” ungkap dia.

Kemudian, jelas dia, potensi hujan sedang hingga lebat terjadi di Aceh, Lampung, Sumatera Selatan, DKI Jakarta, Kalimantan tengah, Kalimantan Selatan, Maluku Utara, Papua Barat dan Papua.

“Masyarakat sebaiknya terus memonitor informasi prakiraan cuaca dan peringatan dini cuaca ekstrem dari BMKG. Waspadai risiko terjadinya bencana hidrometeorologi seperti banjir, longsor, banjir bandang, angin kencang, puting beliung dan gelombang tinggi sangat besar terjadi,” tandas dia.


Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Tahun Baru 2023, BMKG Prediksi Hampir Seluruh Indonesia Hujan Lebat ",

Klik untuk baca: https://www.inews.id/news/nasional/tahun-baru-2023-bmkg-prediksi-hampir-seluruh-indonesia-hujan-lebat/2.

 

Editor : Sidratul Muntaha

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut