get app
inews
Aa Read Next : Penuh Haru! Ucapan Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi dari Rutan Mako Brimbob untuk Arka

Kasus Dugaan Suap Bisnis Tambang Ilegal di Kaltim, Ferdy Sambo Ngaku Pernah Periksa Kabareskrim

Selasa, 29 November 2022 | 15:35 WIB
header img
Kabareksrim Polri Komjen Agus Andrianto disebut Ferdy Sambo terima uang Rp6 miliar dari Ismail Bolong. (foto: MPI)

JAKARTA, iNewsPalembang.id – Kasus dugaan suap bisnis tambang ilegal di Kalimantan Timur (Kaltim) di tubuh Polri terus mengeruak. Mantan Kadiv Propam Polri Ferdy Sambo, melontarkan statement baru.

Di sela-sela jeda sidang kasus dugaan perkara pembunuhan berencana Brigadir J di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Sambo mengklaim, pernah memeriksa Kabareskrim Komjen Agus Andrianto dan Ismail Bolong soal kasus tersebut.

"Iya sempat (periksa Kabareskrim dan Ismail Bolong)," kata Sambo, Selasa (29/11/2022).

Sambo mengungkapkan, mereka tidak melepas Ismail Bolong dalam kasus suap tambang illegal itu. Karena laporan dugaan etik terkait kasus suap tersebut telah dituntaskan dan disampaikan ke pimpinan Polri.

"Laporan resmi sudah saya buat, intinya kan seperti itu. Jadi bukan tidak tindak lanjuti," ungkap dia.

Terkait hasil penyelidikan terkait dugaan suap tambang ilegal di Kaltim, sebelumnya Sambo menyatakan, sudah membuat Laporan Hasil Penyelidikan (LHP) bernomor R/ND-137/III/WAS.2.4./2022/Ropaminal tertanggal 18 Maret 2022.

LHP tersebut ditandatangani mantan Karo Paminal Propam Polri Hendra Kurniawan dan ditujukan kepada mantan Kadiv Propam Polri Ferdy Sambo.

Isi dari LHP itu, bahwa Ismail Bolong, mantan anggota Polres Samarinda, Kaltim mengaku memberi uang senilai Rp6 miliar kepada Kabareskrim Polri, Komjen Agus Andrianto.  

Sementara, Kabareskrim Polri Komjen Agus Andrianto menilai LHP justru menyebut tidak ditemukan barang bukti yang kuat. Agus malah menyinggung kasus Brigadir J yang ditutup-tutupi oleh Ferdy Sambo.

"Saya ini penegak hukum, ada istilah bukti permulaan yang cukup dan bukti yang cukup. Maklum kasus almarhum Brigadir Yoshua saja mereka tutup-tutupi," kata Agus di Jakarta, Jumat (25/11/2022) lalu.

Soal tudingan menerima suap dari bisnis tambang ilegal di Kaltim, Agus juga membantah. Karena penyelidikan terkait keterlibatannya dalam kasus itu lemah.

"Keterangan saja tidak cukup," tandas dia.

Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Soal Dugaan Suap Tambang Ilegal, Ferdy Sambo Ngaku Pernah Periksa Kabareskrim dan Ismail Bolong ",

Klik untuk baca: https://www.inews.id/news/nasional/soal-dugaan-suap-tambang-ilegal-ferdy-sambo-ngaku-pernah-periksa-kabareskrim-dan-ismail-bolong/2.


 

Editor : Sidratul Muntaha

Follow Berita iNews Palembang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut