get app
inews
Aa Read Next : Koalisi Partai Nasdem dan Demokrat di Pilkada Gubernur Sumsel 2024, Herman Deru: Nunggu Rasan Tuo

Tiktok Digrandrungi, Sekolah di KBB Terapkan Media Pembelajaran Berbasis IT

Rabu, 28 September 2022 | 08:15 WIB
header img
Ilustrasi Aplikasi Platform Tiktok (FOTO: INEWS.ID)

BANDUNG BARAT, InewsPalembang.id - Media sosial saat ini dua ibarat belah mata pisau tajam. 

Berbagai macam platform dapat diakses dengan mudah melalui layar gawai masing masing personal dari tangannya. Ironisnya, kondisi ini dapat berdampak pada kehidupan pribadi seseorang. 

Kondisi ini dengan cepat dicegah dan diarahkan oleh Sekolah Dasar Negeri Sukamaju Padalarang, Kabupaten Bandung Barang (KBB). Media sosial, khususnya TikTok menjadi media untuk pembelajaran berbasis IT," kata Guru SDN Sukamaju Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Handriyani Timor, Selasa (27/9/2022).

Jika tidak diiringi dengan pengawasan dan monitoring yang kuat, serta kesadaran  dan keilmuan media sosial bisa menimbulkan dampak negatif. Namun, sebaliknya, media sosial juga bisa memberikan dampak positif apabila digunakan dengan sebaik mungkin. Salah satunya menggunakan media sosial TikTok sebagai sarana pembelajaran.

"Melalui program Buat TikTok Suka-suka (BTS), kami mengarahkan siswa memanfaatkan TikTok guna meningkatkan minat belajar melalui pembelajaran berbasis digital," sambungnya.

Pembelajaran yang dibuat dirancang menyenangkan dan bermakna positif. Sebab TikTok merupakan aplikasi media sosial yang bisa dibuat berbagi video pendek serta streaming langsung. Aplikasinya juga cukup mudah diunduh di ponsel android, kemudian siswa diarahkan membuat video pembelajaran.

Hanya saja durasi pada media TikTok yang terbatas membuat tidak semua materi pembelajaran dapat dijadikan video. Namun dapat dimanfaatkan menjadi referensi media pembelajaran yang relevan. Jadi sebelum melaksanan program BTS, guru harus menganalisis aset apa saja yang dapat dimanfaatkan dalam penyusunan program, merencanakan program dengan tahapan BAGJA.

"Yakni Buat pertanyaan, Ambil pelajaran, Gali mimpi, Jabarkan rencana, dan Atur eksekusi," bebernya.

Artikel Asli : 
https://www.idxchannel.com/ecotainment/inovatif-sekolah-di-kbb-manfaatkan-tiktok-jadi-media-pembelajaran

Editor : Sidratul Muntaha

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut