Perempuan Wajib Tahu! Perhatikan Munculnya Tanda-tanda Kanker Serviks Seperti Ini

Kiki Oktaliani
.
Kamis, 22 September 2022 | 06:25 WIB
Ilustrasi kanker serviks. (iNewspalembang.id/ist)

JAKARTA, iNewspalembang.id – Harus diakui, perempuan memang lebih cermat merawat tubuh termasuk kesehatan dibanding laki-laki. Hal itu karena perempuan memiliki Riwayat penyakit yang tak dimiliki laki-laki.

Sebut saja penyakit kanker serviks dan payudara. Dua penyakit ini merupakan momok bagai kaum peremuan. Kanker ini umumnya ditularkan ketika melakukan hubungan atau kontak seksual.

Data WHO menyebut, hampir 90 persen dari kasus dan kematian di seluruh dunia pada 2020 terjadi di negara dengan penghasilan menengah dan rendah. 

Dengan tingginya angka kasus serta banyaknya kematian yang terjadi oleh kanker serviks ada beberapa faktor risiko seorang perempuan dapat terpapar HPV. 

Kemudian data yang dirilis Kementerian Kesehatan (Kemenkes) pada 2019, prevalensi kanker serviks atau leher rahim merupakan salah satu jenis kanker tertinggi pada pasien rawat inap maupun rawat jalan di seluruh RS di Indonesia. Kala itu jumlah pasien kanker leher rahim sebanyak 5.349 orang (12,8 persen).

Apa sebenarnya gejala kanker serviks yang kerap diderita perempuan?

Gejala kanker serviks sendiri berkembang di leher rahim perempuan, di mana kebanyakan kasusnya sebesar 99 persen terkait dengan infeksi Human Papillomavirus (HPV) risiko tinggi.

Faktor risiko yang pertama adalah menikah atau memulai aktivitas seksual pada usia muda yaitu kurang dari 20 tahun. Kemudian berganti-ganti pasangan seksual, kontak seksual dengan pria yang kerap berganti pasangan, riwayat infeksi di daerah kelamin atau radang panggul, dan perempuan perokok yang berisiko 2,5 kali lebih besar dan perokok pasif resikonya 1,4 lebih besar.

Selain itu, terdapat tanda atau gejala kanker serviks yang harus diketahui terutama bagi para perempuan.

  1. Pendarahan vagina yang berlebihan terutama di antara siklus menstruasi dan menopause.
  2. Mengalami pendarahan saat berhubungan seksual pada alat vital atau keputihan berat.
  3. Nyeri atau rasa sakit hebat ketika berhubungan seksual.
  4. Pada kasus lanjut kanker serviks, akan terasa metastasis di perut, paru-paru, serta bagian lainnya.
  5. Gejala lainnya seperti kehilangan nafsu makan, penurunan berat badan, kelelahan, nyeri panggul, sakit kaki, punggung, patah tulang hingga kebocoran urin atau feses.


Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Gejala Kanker Serviks ",

Klik untuk baca: https://www.inews.id/lifestyle/health/gejala-kanker-serviks/2.

 

Editor : Sidratul Muntaha
Bagikan Artikel Ini