Jawab Interview Media Asing, Anies Baswedan: Saya Siap Mencalonkan Diri sebagai Presiden!

Ahmad Islamy Jamil
.
Jum'at, 16 September 2022 | 09:25 WIB
Gubenur DKI Jakarta, Anies Baswedan menyatakan siap maju sebagai Capres RI. (iNewspalembang.id/ist)

SINGAPURA, iNewspalembang.id – Anies Baswedan mengungkapkan keinginannya maju sebagai Calon Presiden (Capres) RI, bila ada partai yang mengusungnya.

Pernyataan tersebut diutaran Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, yang masa jabatannya akan berakhir bulan depan, kepada Reuters dalam sebuah wawancara di Singapura, Kamis (15/9/2022).

“Saya siap mencalonkan diri sebagai presiden jika memang ada partai yang mencalonkan saya,” ujar dia pada wawancara tersebut.

Anies mengungkapkan, sebagai pribadi yang bukan bagian dari anggota partai apapun, justru memungkinkannya untuk membuka ruang komunikasi dengan semua parpol.

“Berbagai survei yang tanpa diminta ini, bahkan terjadi sebelum saya berkampanye. Saya pikir mereka memberi saya lebih banyak kredibilitas,” ungkap dia.

Mantan Rektor Universitas Paramadina mengklaim, kebijakannya sebagai gubernur telah mempersatukan rakyat Jakarta.

“Dulu, orang berasumsi tentang saya dan apa yang saya perjuangkan dan apa yang akan saya lakukan di kantor. Sekarang, saya telah menjabat selama lima tahun, jadi nilailah saya berdasarkan kenyataan dan rekam jejak,” jelas dia.

Sementara, kandidat potensial lainnya yang populer saat ini untuk diusung di Pilpres 2024 selain Anies adalah Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Ada pula Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, seorang politikus PDIP yang sedang naik daun.

Dari beberapa analis politik menyebut, Anies dimungkinkan menjadi kandidat yang terdepan, mengingat popularitasnya di salah satu kota terbesar di Asia Tenggara, yaitu Jakarta. Posisi tersebut sering dianggap sebagai batu loncatan menuju kursi kepresidenan.

Sebagai contohnya adalah Presiden Jokowi, yang pernah menjabat gubernur DKI selama dua tahun sebelum memenangkan jabatan nomor satu di republik ini pada Pilpres 2014.

Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Kepada Media Asing, Anies Nyatakan Siap Nyapres! Parpol Mana Saja yang Bakal Mengusungnya? ",

Klik untuk baca: https://www.inews.id/news/internasional/anies-nyatakan-siap-nyapres-parpol-mana-saja-yang-bakal-mengusungnya/2.


 

Editor : Sidratul Muntaha
Bagikan Artikel Ini