Logo Network
Network

Mudah Ditemukan di Rumah Kok, Ini Cara Menghilangkan Kutu Air di Kulit

Novie Fauziah
.
Kamis, 15 September 2022 | 06:35 WIB
Mudah Ditemukan di Rumah Kok, Ini Cara Menghilangkan Kutu Air di Kulit
Ilustrasi penyakit kutu air. (iNewspalembang.id/ist)

JAKARTA, iNewspalembang.id – Ada anggapan orang-orang dahulu, penyakit kutu air itu muncul lantaran kita sering atau setiap hari selalu bersentuhan dengan air.

Faktanya, banyak orang yang setiap saat bekerja dan selalu terkena air, justru tak mengalami atau terkena penyakit kutu air.

Penyakit ini memang tak tampak, namun rasa gatal yang ditimbulkan sangat mengganggu kondisi tubuh. Kondisi ini membuat kita kehilangan percaya diri.

Nah sebenarnya kutu air sendiri disebabkan oleh jamur, sehingga memicu infeksi pada telapak kaki, di sela-sela jari termasuk di tangan.

Bagaimana cara mengobati kutu air? Berikut cara-caranya, seperti dirangkum pada Kamis (15/9/2022).

1. Garam Laut

Cara mengobati kutu air di urutan pertama, adalah menggunakan garam laut. Bahan satu ini mengandung sifat anti-bakteri dan juga anti jamur, sehingga bisa Anda gunakan sebagai obat alami untuk mengatasi si kutu air.

Garam laut dapat membantu menghambat pertumbuhan bakteri dan mencegah penyebaran kutu air. Caranya, rendam kaki dalam air larutan garam, lakukan selama 20 menit. Kemudian keringkan sampai selesai atau dirasa cukup.

Namun perlu diingat, jangan biarkan kaki atau tangan Anda tetap lembab karena bisa memicu pertumbuhan jamur dan memperparah gejala.

2. Bawang Putih

Cara mengobati kutu air selanjutnya adalah menggunakan bawang putih. Tak hanya digunakan untuk bumbu masakan saja, bawang putih juga dipercaya secara turun temurun sebagai obat alami untuk mengatasi kutu air. 

Menurut penelitian dalam Journal of Applied Microbiology pada 2002, bawang putih diketahui memiliki sifat antijamur yang ampuh melawan jamur Candida albicans. Sebagai pengetahuan, jenis bakteri ini merupakan penyebab infeksi jamur paling umum pada manusia.

3. Minyak Oregano

Selanjutnya adalah minyak esensial oregano, salah satu yang dipercaya dapat menjadi obat alami untuk membantu mengatasi kutu air. Beberapa penelitian menyatakan, minyak oregano terapeutik mengandung 71 persen senyawa antiseptik yang dikenal dengan nama fenol.

Dua jenis fenol tersebut terkandung pada minyak oregano, yaitu timol dan carvacrol. Keduanya merupakan bahan aktif yang mana dapat membantu membunuh jamur, serta mengendalikan pertumbuhan mikroba yang berbahaya dalam tubuh.

4. Alkohol

Cara mengobati kutu air lainnya yakni menggunakan alkohol. Bahan ini juga dinilai ampuh menghilangkan kutu air. Caranya, cukup oleskan secara perlahan dan tipis-tipis ke bagian kulit yang ditumbuhi oleh kutu air.

Caranya tuangkan alkohol 70 persen ke dalam wadah berisi air. Lalu, rendam kaki atau tangan yang diserang kutu air selama 30 menit. Gunakan pelembab atau lotion setelahnya demi mencegah kaki atau tangan kering.

5. Cuka sari apel

Cara mengobati kutu air di urutan terakhir adalah cuka sari apel. Tahukah Anda, bahwa sari cuka sari apel juga bisa menjadi bahan aktif menghilangkan kutu air karena dapat mengeringkan sekaligus membantu mengontrol keringat.

Mengoleskan cuka sari apel secara teratur, bisa membuat jamur yang jadi penyebab kutu air segera dapat hilang dan disembuhkan. Lakukan hingga kondisi kaki atau tangan semakin membaik.


Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " 5 Cara Mengobati Kutu Air di Kulit, Bahan-bahannya Bisa Ditemukan di Rumah Lho! ", Klik untuk baca: https://www.inews.id/lifestyle/health/cara-mengobati-kutu-air/3.

 

Editor : Sidratul Muntaha

Follow Berita iNews Palembang di Google News

Bagikan Artikel Ini