get app
inews
Aa
Read Next : Sakit Pinggang Belum Hilang? Coba Beberapa Pilihan Cara Pengobatan Alami Seperti Ini

Terbiasa Kerja Berlebihan? Awas, Sejumlah Penyakit Ini Bisa Saja Muncul Tiba-tiba

Kamis, 29 September 2022 | 06:15 WIB
header img
Ilustrasi kerja berlebihan atau overwork. 9iNewspalembang.id/mushaful imam)

JAKARTA, iNewspalembang.id – Mungkin Anda kerap sering mendengar ada rekan kerja atau keluarga yang mengatakan bahwa Anda termasuk orang yang bekerja secara berlebihan.

Kerja berlebihan atau overwork, memang disematkan kepada mereka yang bekerja hingga lupa diri atau sudah melewati waktu. Misal, harus melakukannya hingga larut malam atau menyita waktu tidur atau bahkan melupakan istirahat.

Ada cukup banyak terkhusus pria, yang cenderung pekerjaan mereka seperti candu. Hal ini menyebabkan mereka lupa akan segala hal dan memilih untuk terus bekerja.

Nah, bila kamu termasuk dalam kategori itu, sebaiknya mulailah waspada sejak saat ini. Karena bukan tidak mungkin, Anda akan merasakan dampak negatif, yang salah satunya menyasar pada kesehatan jantung.

Untuk diketahui, bahwa bekerja berlebihan atau overwork sangat identik dengan tingkat depresi, stres, dan ansietas yang lebih tinggi. Jika dibiarkan berlarut-larut, dapat merusak jantung. Lantas, apa korelasinya antara bekerja berlebihan dengan sakit jantung?

Menurut Dokter Spesialis Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah Heartology Cardiovascular Center, dr Radityo Prakoso, SpJP(K), kerja berlebihan itu berasosiasi dengan masalah mental seperti rentan stres, depresi, dan ansietas.

"Pada individu usia dewasa dengan depresi, stres, dan ansietas, mereka cenderung akhirnya merokok, obesitas, dan minim melakukan aktivitas fisik," kata dr Radityo dalam Webinar Kementerian Kesehatan dalam rangka Hari Jantung Sedunia 2022, Rabu (28/9/2022).

Tak berhenti di situ, stres juga dapat memicu peningkatan tekanan darah yang bisa meningkatkan risiko penyakit jantung atau stroke.

Artinya, kerja berlebihan sampai Anda stres, depresi, dan ansietas, bukan hanya mengganggu kesehatan mental, tetapi juga berpengaruh pada kesehatan fisik, dalam hal ini kesehatan jantung.

"Salah satu cara mencegah penyakit jantung adalah mengelola stres. Jika stres dikelola dengan baik, maka dapat meminimalisir masalah kesehatan fisik, termasuk penyakit jantung," ujar Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular Kemenkes, Eva Susanti.

Selain mengelola stres, masyarakat juga diimbau melakukan cek kesehatan secara rutin, dan menjaga pola hidup sehat.

"Selain kelola stres, masyarakat juga diimbau untuk cek kesehatan secara rutin, enyahkan asap rokok, rajin aktivitas fisik, diet seimbang, dan istirahat yang cukup untuk menjaga kesehatan tubuh, termasuk menghindari risiko penyakit jantung," kata Eva.


Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Waspada! Overwork dan Sering Lembur Bisa Sebabkan Sakit Jantung ",

Klik untuk baca: https://www.inews.id/lifestyle/health/waspada-overwork-dan-sering-lembur-bisa-sebabkan-sakit-jantung/2.


 

Editor : Sidratul Muntaha

Follow Berita iNews Palembang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut