get app
inews
Aa Read Next : Mudah Ditemukan di Rumah Kok, Ini Cara Menghilangkan Kutu Air di Kulit

Muncul Bintik Merah dan Gatal di Bagian Tangan? Coba Obati dengan 6 Cara Ini

Kamis, 25 Agustus 2022 | 06:35 WIB
header img
Ilustrasi muncul bintik merah pada tangan. (iNewspalembang.id/sidratul muntaha)

JAKARTA, iNewspalembang.id – Pernah mendapati kulit tangan anda muncul bitnik-bintik merah dan berasa gatal. Nah, hal itu bisa jadi karena ada sejumlah faktor.

Memang sih, bintik merah itu kadang kerap dianggal sepele, padahal bisa jadi hal itu menimbulkan sejumlah iritasi yang mengganggu. Misalnya, gigitan serangga, biang keringat, dermatitis, alergi makanan dan obat, biduran, kurap, cacar air, hingga gejala herpes. 

Lalu bagaimana cara mengobati bintik merah pada kulit disertai gatal? Berikut informasi selengkapnya seperti dirangkum pada Rabun (24/8/2022).

1. Krim losion calamine

Cara mengobati bintik merah pada kulit disertai gatal di urutan pertama, adalah menggunakan krim losion calamine. Ini merupakan salah satu krim antigatal yang bisa Anda coba untuk mengobati masalah kulit tersebut.

Salep topikal ini berfungsi menenangkan kulit yang terasa gatal, sehingga mencegah Anda untuk menggaruk kulit berlebihan, yang dapat berpotensi menyebabkan rasa gatal semakin parah.

2. Kompres air dingin

Cara mengobati bintik merah pada kulit disertai gatal di urutan selanjutnya, yakni mengompres dengan air dingin. Cara ini bisa dipakai bila Anda tidak menggunakan obat dari apotek atau obat resep dokter.

Ini merupakan salah satu pengobatan sederhana di rumah yang dapat Anda coba. Langkah ini bertujuan untuk menenangkan bintik-bintik merah di kulit. Caranya, cukup dengan membasahi handuk atau kain bersih dengan air dingin, lalu peras airnya. Setelah itu, tempelkan handuk pada area kulit yang meradang atau terasa gatal.

3. Mandi oatmeal

Selain memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan tubuh, oatmeal juga memiliki kesehatan untuk kulit, lho! Termasuk untuk kulit yang alergi karena disebabkan oleh bintik merah disertai gatal. Anda bisa menggunakan oatmeal sebagai pengganti sabun saat mandi.

Ini bertujuan untuk mengurangi rasa gatal dan menenangkan kulit yang meradang. Caranya mudah, gunakan bubuk oatmeal yang sudah dihaluskan dengan blender. Lalu, taburkan ke dalam bak mandi berisi air. Nah, Anda dapat menggunakannya untuk berendam selama 15 menit.

4. Obat antihistamin

Jika perawatan rumahan dirasa tidak cukup untuk mengobati bintik merah pada kulit yang disertai gatal, Anda bisa mencoba obat antihistamin. Ini juga menjadi salah satu cara mengobati bintik merah pada kulit disertai gatal yang efektif.

Obat ini hadir dalam bentuk salep topikal atau obat minum. Nah, Anda bisa mendapatkan obat antihistamin yang dijual bebas di apotek untuk menghentikan reaksi alergi yang muncul. Efek samping obat antihistamin ini menyebabkan rasa kantuk dan bisa membuat Anda tidur pulas walaupun kulit terasa sangat gatal.

5. Obat steroid

Selain obat antihistamin, Anda juga bisa  menggunakan obat steroid sebagai cara mengobati bintik merah di kulit disertai gatal.  Obat steroid hadir dalam bentuk salep topikal atau obat minum. Krim steroid dapat membantu meringankan rasa gatal dan peradangan yang muncul akibat kondisi tertentu. 

Namun, ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dulu sebelum menggunakan obat steroid. Pasalnya, steroid tidak boleh dibeli secara bebas di apotek. 6. Berkonsultasi dengan dokter kulit Cara mengobati bintik merah pada kulit disertai gatal di urutan terakhir yakni berkonsultasi dengan dokter kulit.

Bila berbagai pengobatan rumahan atau obat apotek tak kunjung menyembuhkan, Anda disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter. 

Selain itu, segera temui dokter apabila bintik merah di badan disertai dengan nyeri sendi yang parah, menggigil, demam tinggi, radang tenggorokan, kulit yang melepuh cukup luas, perubahan warna kulit, serta gejala tidak biasa lainnya. 

Nantinya, dokter dapat mendiagnosis penyebab dan memberikan pengobatan yang tepat untuk mengatasinya.



 

Editor : Sidratul Muntaha

Follow Berita iNews Palembang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut