get app
inews
Aa
Read Next : Kejati Sumsel Tahan Satu Lagi Tersangka Kasus Dugaan Korupsi Penjualan Asrama Mahasiswa

Datangi Kantor Bawaslu Sumsel, Kejari Prabumulih dan Kejati Sumsel Sita Sejumlah Dokumen

Selasa, 23 Agustus 2022 | 16:45 WIB
header img
Tim Kejari Prabumulih bersama tim Kejati Sumsel saat menyita sejumlah dokumen di kantor Bawaslu Sumsel, Selasa (23/8/2022). (iNewspalembang.id/ist)

PALEMBANG, iNewspalembang.id – Tim Kejaksaan Negeri (Kejari) Prabumulih bersama tim Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sumsel melakukan penyitaan sejumlah dokumen di kantor Bawaslu Sumsel, Selasa (23/8/2022).

Dua tim kejaksaan tersebut mendatangi Kantor Bawaslu Sumsel hingga langsung melakukan pencarian dan penyitaan sejumlah dokumen dari pukul 10.45 hingga 12.30 WIB.

Tak tanggung-tanggung, dua tim tersebut datang dengan tujuh mobil, anggota tim Kejari Prabumulih berjumlah 9 orang dan tim Kejati Sumsel ada sekitar 5 orang.

Juru bicara Bawaslu Sumsel, Yuswari Kurniawan menyampaikan, dokumen yang diambil tim Kejari Prabumulih dan Kejati Sumsel dari kantor Bawaslu adalah dokumen-dokumen keuangan terkait pemilihan wali kota dan wakil wali kota Prabumulih tahun 2018.

Dokumen-dokumen itu, sambung dia, merupakan arsip laporan yang disampaikan Panwaslu Prabumulih kepada Bawaslu Sumsel, sejak tahun 2017 dan 2018.

“Sebagai bentuk komitmen kami mendukung proses hukum yang tengah dilakukan teman-teman kejaksaan, kami menyerahkan dokumen tanpa ada yang ditutup-tutupi atau ada yang dihalang-halangi,” ujar dia.

Yuswari mengungkapkan, mengenai proses hukum yang tengah dilakukan Kejaksaan Negeri Prabumulih, Bawaslu Sumsel menyerahkan sepenuhnya kepada aparat hukum yang berwenang.

“Kami, pengawas pemilu adalah warga negara yang taat hukum dan menghormati proses hukum yang sedang berlangsung. Kami, Bawaslu Sumsel percaya dan menyerahkan sepenuhnya proses hukum yang saat ini tengah berlangsung kepada aparat penegak hukum, dalam hal ini teman-teman kejaksaan,” ungkap Kepala Bagian Hukum Humas Data dan Informasi Bawaslu Sumsel itu.

Yuswari menjelaskan, sebagai lembaga Negara, Bawaslu termasuk Bawaslu Sumsel akan patuh dengan seluruh proses penegakan hukum di Indonesia. Tak hanya patuh, Bawaslu juga pasti akan membantu jika dibutuhkan.

“Termasuk seperti hari ini, saat tim Kejari Prabumulih bersama tim Kejaksaan Tinggi Sumsel membutuhkan sejumlah dokumen terkait perkara yang tengah mereka proses, kami membuka akses seluas-luasnya di kantor kami, sehingga tim tersebut bisa mendapatkan apa yang mereka butuhkan,” tandas dia.

Editor : Sidratul Muntaha

Follow Berita iNews Palembang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut