get app
inews
Aa Read Next : Terbiasa Kerja Berlebihan? Awas, Sejumlah Penyakit Ini Bisa Saja Muncul Tiba-tiba

Mudah dan Aman! Begini Cara Ampuh Obati Benjolan di Leher dengan Daun Sirih

Rabu, 17 Agustus 2022 | 07:45 WIB
header img
ilustrasi munculnya benjolan di leher. (iNewspalembang.id/ist)

JAKARTA, iNewspalembang.id - Mungkin ada yang pernah mengalami munculnya benjolan pada bagian leher.

Hanya saja benjolan tersebut membuat tanda tanya sendiri, apa penyebab atau awal mula kemunculannya. Bisa jadi, benjolan di leher bisa diakibatkan berbagai faktor.

Nah, salah satu yang umum ditemukan adalah karena adanya pembengkakan pada kelenjar atau umumnya disebut dengan penyakit gondok. 

Perlu diketahui benjolan di leher kebanyakan disebabkan adanya kelenjar tiroid tumbuh lebih besar, serta kekurangan yodium. Alhasil benjolan di leher kerap disebut sebagai penyakit gondok.

Dikutip dari laman National Library of Medicine, penderita penyakit gondok umumnya datang ke fasilitas rawat jalan dengan berbagai keluhan. Gondok mencakup banyak penyebab dan morbiditas yang berbeda, dan diagnosis yang akurat sangat penting untuk pendekatan pengobatan yang tepat.

Saat mengkaji penyebab terjadinya gondok ini juga terbukti berbeda-beda. Di Indonesia sendiri, terdapat berbagai macam obat-obatan tradisional yang dipercaya bisa mengobati gondok dan sudah dibuktikan tim interprofessional dari berbagai spesialisasi. Salah satunya adalah menggunakan daun sirih
 

Lalu bagaimana cara mengobati benjolan di leher dengan daun sirih? 

Pertama-tama pilih daun sirih yang bagus, kemudian bersihkan lebih dulu dengan cara mencucinya di air mengalir. Setelah itu, siapkan air putih dan masukan daun sirih ke dalamnya, lalu didihkan. 

Diamkan beberapa saat, sampai terlihat sari-sari daun sirih itu keluar dan warna airnya sedikit berubah, serta tercium aroma khas daun tersebut. Selanjutnya saring air tersebut, dan tuangkan ke dalam wadah seperti gelas atau baskom kecil.

Biarkan beberapa saat, agar air rebusan daun sirih itu jadi agak dingin. Selanjutnya, oleskan rebusan air daun sirih itu ke benjolan di leher Anda. Lakukan berulang dan setiap harinya, sampai terlihat hasilnya yaitu kelenjar atau gondokannya lebih mengecil.

Editor : Sidratul Muntaha

Follow Berita iNews Palembang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut