Soal Calon Panglima TNI, Presiden Jokowi Hanya Ajukan Laksamana Yudo Margono ke DPR

Sidra
Presiden Jokowi dalam kunjungan kerja ke Pontianak, Kalbar, Selasa (29/11/2022). (Foto: BPMI Setpres/Laily Rachev)

PONTIANAK, iNewspalembang.id – Nama Laksamana TNI Yudo Margono menjadi calon tunggal Panglina TNI yang diajukan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) ke DPR untuk menggantikan Jenderal TNI Andika Perkasa.

Presiden Jokowi mengatakan, bahwa Surat Presiden (Surpres) soal pengajuan nama calon Panglima TNI itu sudah disampaikan kepada DPR untuk mendapatkan persetujuan.

“Panglima TNI sudah diajukan ke DPR untuk mendapatkan persetujuan,” ujar Jokowi kepada media di Rumah Adat Radakng, Kota Pontianak, Kalimantan Barat, Selasa (29/11/2022).

Presiden Jokowi mengungkapkan, alasan pengajuan Laksamana TNI Yudo Margono yang saat ini menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) salah satunya karena rotasi matra.

“SSebelumnya jabatan Panglima TNI diisi Jenderal Andika Perkasa dari TNI Angkatan Darat dan sebelumnya lagi Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dari TNI Angkatan Udara. Satu, yang kita ajukan satu (calon), KSAL yang sekarang karena memang kita rotasi matra,” tegas dia.

Surpres Panglima TNI sendiri telah disampaikan kepada DPR oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno pada Senin (28/11/2022) kemarin. Kemudian, Laksamana TNI Yudo Margono akan segera menjalani uji kelayakan dan kepatutan di Komisi I DPR.


 

Editor : Sidratul Muntaha

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network