Besi Penutup Bak Kontrol Trotoar Jalan di Palembang Ini Dijual Pencuri Rp150 Ribu per Buah

Sidra
Dua pelaku pencuri besi penutup bak control di trotoar Jalan Angkatan 45, Palembang, usai diringkus Unit Pidum dan Tekab 134 Satreskrim Polrestabes Palembang, Selasa (6/9/2022). (iNewspalembang.id/ist)

PALEMBANG, iNewspalembang.id – Dua pelaku pencuri besi penutup bak kontrol (Manhole Cover) yang terpasang di trotoar Jalan Angkatan 45, Palembang, akhirnya diringkus Unit Pidana Umum (Pidum) dan Tekab 134 Satreskrim Polrestabes Palembang.

Pelaku M Pendi (36) dan Novriansyah (34), yang keduanya tercatat warga Kelurahan 32 Ilir, Palembang, diringkus aparat di kediaman masing-masing, Senin (5/9/2022) malam.

Kapolrestabes Palembang, Kombes Pol Mokhammad Ngajib melalui Kasat Reskrim, Kompol Tri Wahyudi menyampaikan, bahwa besi penutup yang terpasang di trotoar Jl Angkatan 45 itu diketahui hilang pada Senin (5/9/2022) sore.

Korbannya adalah Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Tata Ruang Provinsi Sumsel, yang kehilangan 45 buah penutup bak control, dengan total nilai kerugian Rp90 juta.

"Setelah korban melaporkan, kita melakukan penyelidikan dan yang mengambil ini salah satunya adalah dua pelaku yang kami amankan ini. Untuk saat ini masih kita dalami terkait adanya pelaku lainnya," kata dia, Selasa (6/9/2022).

Tri Wahyudi mengungkapkan, penutup bak yang terpasang itu berfungsi untuk mengatur aliran air agar tidak banjir dan pejalan kaki tidak terjatuh. Memang, sambung dia, tutup itu sudah sering hilang dan diganti lagi oleh Dinas PU Bina Marga.

“Total sudah 45 yang hilang dan diganti lagi oleh Dinas PU, karena itu fungsinya untuk mengendalikan banjir, " ungkap Tri.

Sementara, pelaku Pendi mengakui, telah mencuri delapan kali penutup bak kontrol di Jalan Angkatan 45, dengan menggunakan obeng dan palu untuk melepaskan besi penutup.

"Setiap beraksi ambil satu besi. Waktu mencuri saya berdua teman saya Novriansyah yang tugasnya memantau situasi, " kata dia, seraya menambahkan, besi penutup itu dijualnya seharga Rp150 ribu per buah ke tempat penjual rongsokan.

Editor : Sidratul Muntaha

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network