get app
inews
Aa Read Next : Hadirkan Infrastruktur AI, Presiden Jokowi Sebut Microsoft Bakal Investasi Sebesar Rp27,6 Triliun

Presiden Jokowi : Jangan Beli Produk Import Gunakan Produk Lokal

Rabu, 25 Mei 2022 | 08:51 WIB
header img
Presiden Jokowi instruksikan jajarannya stop membeli produk import dan gunakan produk lokal. (Foto : BPMI Setpres/Lukas)

JAKARTA, iNews.id  - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan jajarannya jangan membeli produk-produk import, dan utamakan memakai produk lokal.

Presiden mengatakan,  saat ini dunia masih menghadapi situasi tidak pasti dan terus berupaya memulihkan ekonomi. Jokowi juga menekankan pentingnya memacu pertumbuhan ekonomi dengan tidak menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD), dan anggaran BUMN untuk membeli barang import.

“Ini uang rakyat, APBN, APBD, di BUMN, ini uang rakyat. Jangan kita belikan barang-barang import. Keliru besar sekali kita kalau melakukan itu,”  Presiden menegaskan saat  pengarahan  acara Evaluasi Aksi Afirmasi Peningkatan Pembelian dan Pemanfaatan Produk Dalam Negeri, dalam rangka Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia, di Jakarta Convention Center (JCC) Selasa (24 /5/2022). 

Presiden  menginstruksikan jajarannya  menggunakan produk-produk dalam negeri dan tidak membeli barang-barang import. Jokowi juga mendorong agar produk-produk lokal  segera masuk  katalog elektronik lokal yang diluncurkan  Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP).

“Yang punya e-Katalog Lokal baru 46 pemda dari 514 kabupaten kota dan 34 provinsi, padahal untuk membangun e-Katalog Lokal ini syaratnya  sangat simpel,” ucap Jokowi.

Kepala Negara mendorong peningkatan kualitas dari produk-produk dalam negeri agar segera masuk ke dalam e-Katalog Lokal dan diharapkan dapat menggerakkan perekonomian di daerah.

“Nanti makin banyak produk-produk lokal, produk-produk unggulan daerah itu semuanya masuk ke e-Katalog,  itu akan memacu ekonomi daerah dan  saya pastikan membuka lapangan kerja yang banyak di daerah tanpa kita sadari,”  Kepala Negara menuturkan.

 Presiden menekankan jajarannya  merealisasikan komitmen pembelian dan pemanfaatan produk dalam negeri tersebut. "Agar sekali lagi jangan sampai uang rakyat itu dibelikan produk-produk import,” Jokowi menegaskan.
 

Editor : Agustian Pratama

Follow Berita iNews Palembang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut