get app
inews
Aa Read Next : Potret Karnaval Pramuka 

Suhu Cuaca Palembang Terpanas di Indonesia, Capai 38,8 Derajat  

Minggu, 15 Mei 2022 | 19:01 WIB
header img
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika menyebut Palembang menjadi salah satu kota dengan suhu cuaca terpanas mencapai 38,8 derajat celcius. (Foto : Okezone.com )

PALEMBANG, iNews.id -  Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan fenomena cuaca panas yang melanda beberapa daerah di Indonesia, salah satunya Palembang yang suhunya mencapai 38,8°C (derajat celcius). Suhu ini tergolong terpanas di Indonesia.

"Akhir-akhir ini memang cuaca terasa panas menyengat, walaupun malam masih panas meski sudah memakai kipas angin," kata Rosnawati, warga Kelurahan Keramasan, Kertapati, Minggu (15/5/2022).

Keluhan warga ini sejalan dengan fakta yang diungkapkan BMKG, yang dilansir dari akun instagram Okezone @okezonecom. Disebutkan, panas tersebut bukan fenomena gelombang panas atau lebih dikenal dengan heatwave.

Kondisi panas di Indonesia terjadi ini, karena adanya fenomena kondisi suhu panas atau terik dalam skala variabilitas harian. Fenomena cuaca panas di Indonesia ini ternyata sudah pernah terjadi sebelumnya. 

Adapun daftar suhu terpanas yang pernah terjadi di Indonesia, pertama  Larantuka, Flores Timur mengalami suhu panas tertinggi di Indonesia yang mencapai 40°C pada tahun 2012 lalu.

Lalu menurut data BMKG, suhu terpanas terjadi di Samarinda   pada 2018 mencapai 38,8°C. Disusul Kota Palembang menjadi salah satu kota dengan suhu terpanas di Indonesia mencapai 38,8°C.

Selanjutnya, pada 21 Januari 2020, berdasarkan pengukuran BMKG, Palu menjadi kota dengan suhu udara maksimum tertinggi di Indonesia. BMKG mencatat, suhu di Kota Palu mencapai 37°C.

Kota Surabaya juga pernah menjadi kota dengan suhu terpanas di Indonesia. Pada 25 Agustus 2021, suhu di Surabaya mencapai 36°C, dan  Ciputat pada bulan Mei 2022 ini BMKG merilis data yang menyatakan suhu panas maksimum harian di Ciputat mencapai 36°C.
 

Editor : Agustian Pratama

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut