get app
inews
Aa Read Next : Potret Kepala BNPB Pantau Titik Api di Sumsel

Gubernur Sumsel Serahkan Bonus Atlet PON XX dan Peparnas XVI 2021 

Selasa, 26 April 2022 | 19:37 WIB
header img
Gubernur  Sumsel Herman Deru  menyerahkan bonus kepada atlet dan pelatih berprestasi, saat   PON XX dan  Peparnas XVI Papua 2021 lalu. (Foto : Humas Pemprov Sumsel)

PALEMBANG, iNews.id - Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel)  Herman Deru  menyerahkan bonus kepada atlet dan pelatih berprestasi, yang menyumbangkan medali di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX dan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Papua 2021 lalu. Penyerahan bonus  dilakukan  di Graha Bina Praja Pemprov Sumsel,  Selasa (26/4/2022) siang.

Gubernur Deru mengatakan, tertundanya pemberian bonus bagi para atlet ini karena adanya perubahan postur anggaran, dimana anggaran semula besarannya sama dengan   bonus pada tahun-tahun sebelumnya.  Namun karena dirinya ingin menambah besaran  jumlah bonus  yang akan diberikan,  maka  perlu dilakukan penambahan  jumlah anggaran melalui APBD Provinsi Sumsel.

 Herman Deru mengajak para  atlet  menggunakan   bonus yang telah diberikan dengan sebaik-baiknya, salah satunya dengan  cara investasi, sehingga terus dimanfaatkan, bahkan terus bertambah.

Sementara itu Plt Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Provinsi Sumsel Rudi Irawan menyampaikan rincian  besaran bonus yang diterima para atlet dan pelatih,  untuk  atlet perorangan peraih medali emas sebesar Rp300 juta, peraih  medali perak Rp120 juta dan peraih medali perunggu Rp75 juta.

Untuk  atlet beregu  atau beranggotakan dua sampai tiga orang, peraih medali emas  diberikan bonus sebesar Rp325 juta, medali perak Rp130 juta  dan peraih  medali perunggu Rp90 juta.

Atlet beregu atau tim empat orang atau lebih, peraih medali emas sebesar Rp350 juta, medali perak Rp140 juta dan medali perunggu Rp100 juta. Selain itu untuk pelatih peraih mendali emas  Rp60 juta, medali perak Rp45 juta dan medali perunggu Rp30 juta.

Sedangkan Ketua KONI Sumsel, Hendri Zainuddin menuturkan, ada total lebih dari 100 atlet dan pelatih yang diberikan bonus kali ini. "Untuk dari KONI saja sekitar 30-an orang, dari Peparnas lebih banyak lagi sekitar 80-an,  yang menerima bonus," kata Hendri.

Menurutnya, pencairan bonus ini  sebuah kebahagiaan bagi para atlet dan pelatih pelatih, diharapkan bonus menjadi pelecut bagi atlet untuk lebih berprestasi dan bagi pelatih dapat meningkatkan tingkatkan bibit yang ada di Sumsel.

"Awalnya dianggarkan  Rp9,5 Miliar dari Dispora, namun  dalam perjalananya atlet Sumsel ini prestasinya meroket dan anggaran membengkak  hampir Rp17 Miliar. Itulah salah satu penyebab terlambatnya pembagian bonusini, harusnya dibagi Maret lalu," ucap dia.

Editor : Agustian Pratama

Follow Berita iNews Palembang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut