get app
inews
Aa Read Next : Cegah Gejolak Warga, Pemkab Muba Ingatkan Pengelola Dermaga Batubara di Desa Pulai Gading

60 Pedagang Ramaikan Pasar Beduk Pemkab Muba

Senin, 04 April 2022 | 21:51 WIB
header img
Pemkab) Musi Banyuasin (Muba) kembali membuka pasar beduk di Bulan Ramadhan tahun ini, di Halaman Parkir Eks Penjara Depan Gedung DWP Sekayu, Senin (4/4/2022). (Foto : Humas Pemkab Muba)

SEKAYU, iNews.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Musi Banyuasin (Muba) kembali membuka pasar beduk di Bulan Ramadhan tahun ini, di Halaman Parkir Eks Penjara Depan Gedung DWP Sekayu, Senin (4/4/2022).

Pembukaan pasar beduk ditandai dengan pengguntingan pita oleh Wakil Ketua I TP PKK Kabupaten Muba Susy Imelda Beni
Susy mengatakan, setelah dua tahun Kota Sekayu tanpa Pasar Bedug, Ramadhan kali ini kembali dibuka. Pasar ini menjual berbagai macam menu berbuka puasa ini dipusatkan.

Menurutnya,  pasar beduk atau pasar Ramadhan 1443 H tahun 2022 ini  kegiatan  rutin menyambut datangnya  Ramadhan,  sekaligus memberi peluang  bagi masyarakat untuk membantu masyarakat. 

Khususnya masyarakat muslim di kota Sekayu dan sekitarnya, yang  menjalankan ibadah puasa untuk memenuhi kebutuhan maknan siap saji.
"Selain itu memberi kemudahan bagi masyarakat muslim di  Sekayu dan sekitarnya,  pasar  ini  diharapkan  memberikan manfaat  para pedagang makanan yang berpartisipasi dalam kegiatan ini, sehingga memperoleh penghasilan tambahan," kata anggota DPRD Provinsi Sumsel ini.

Sementara itu,  Plt Bupati Muba Beni Hernedi diwakili Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Muba  Yudi Herzandi  mengatakan, Pemkab Muba melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian setiap tahun memang menyelenggarakan kegiatan pasar ramadhan ini. 
Kegiatan ini diharapkan  menjadi  upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui usaha ekonomi kerakyatan untuk mewujudkan Muba Maju Berjaya. 

"Kami mengimbau  para pedagang  pasar Ramadhan ini  senantiasa menjaga kualitas dagangannya, baik menyangkut kebersihan, keamanan penggunaan bahan yang di gunakan pada makanan, juga memenuhi standar gizi yang baik serta terjamin higienisnya," Yudi menuturkan.

Yudi mengimbau tidak  menjual jenis makanan yang  kedaluarsa yang menggandung bahan berbahaya seperti boraks, formalin, dan lain-lain. "Usahakan bahan yang dijual dalam kondisi  masih segar, panas dan layak dikonsumsi," ucap Yudi.

Ia mengungkapkan,  pada tahun 2022 ini Pemkab Muba melalui Disdagprind akan melaksanakan pasar Ramadhan di dua kecamatan yaitu Sekayu dan Sungai lilin. 

"Insya allah pada tahun-tahun  akan datang kita  melaksanakan kegiatan ini di seluruh kecamatan dalam wilayah Kabupaten Muba.  Mari  sambut dengan suka cita pelaksanaan kegiatan ini," kata Yudi.

Sedangkan Kepala Dinas Disdagprind Kabupaten Muba, Azizah  menyebutkan,   jenis  panganan di pasar ini beraneka ragam, baik  kue-kue, lauk pauk dan buah-buahan segar. 

Pasar bedug  ini melibatkan para pedagang, organisasi kemasyarakatan DWP, PKK, Bhayangkari dan lainnya yang berjumlah  60 orang pedagang. "Fasilitas yang disediakan berupa tenda, meja, kursi dan perlengkapan lainnya gratis," Yudi memungkasi.

Editor : Agustian Pratama

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut