get app
inews
Aa Read Next : Kawanan Buruh Ambil Sikap Dukung Matahati, Mawardi Yahya: Ini Hak Konstitusional Rakyat

Sumsel Tuan Rumah Nasional Youth 20 Pre Summit I 2022

Minggu, 20 Maret 2022 | 21:22 WIB
header img
Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) terpilih menjadi tuan rumah kegiatan Nasional Youth 20 Pre Summit I 2022 Local Chapter South Sumatera. (Foto : Humas Pemprov Sumsel)

PALEMBANG, iNews.id - Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) terpilih menjadi tuan  rumah kegiatan Nasional Youth 20 Pre Summit I 2022 Local Chapter South Sumatera.

CO-Chair Of Y20 Indonesia 2022, Michael Victor Sianipar  mengatakan Sumsel ditunjuk menjadi tuan rumah Nasional Youth 20 Pre Summit I 2022 Local Chapter South Sumatera,  dilatarbelakangi  pengalaman Sumsel  mensukseskan perhelatan event besar, baik level nasional hingga internasional.

Penunjukan ini juga diputuskan  Menteri Koordinator Bidang Perekonomian. Youth 2022 berjumlah 100 orang dari Negara sahabat dan Provinsi dari pulau Jawa dan Bali, yang  akan berdiskusi dan membahas tentang isu ketenagakerjaan pemuda.

"Youth 20 adalah wadah bagi pemimpin muda masa depan dari seluruh negara anggota G20 untuk berdiskusi, berargumen dan bertukar ide hingga mencapai kesepakatan bersama terkait agenda Presidensi G20. Hasil dari Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Y20 adalah terciptanya Y20 Communiqué,"

Michael menjelaskan, saat pembukaan  Youth 20 Pre Summit I 2022 Local Chapter South Sumatera yang diselenggarakan International Youth Diplomacy (IYD) Local Chapter South Sumatera,  di Ballroom Hotel Novotel Palembang, Sabtu (19/3/2022).

Menurut Michael, Sumsel akan memperoleh banyak keuntungan sebagai tuan rumah Pra KTT Y20, seperti menunjukkan kota di peta global, meningkatkan prestise daerah.

Lalu meningkatkan eksposur dan kapasitas pemuda lokal, menunjukkan budaya dan keindahan daerah ke dunia serta akan menjadi sorotan pemberitaan nasional.

“Acara ini cukup langka yang penyelenggaraannya diadakan 20 tahun sekali, dan Sumsel menjadi Provinsi istimewa yang  menjadi tuan rumah. Tentu banyak keuntungan karena akan banyak dilirik  oleh pemuda dari berbagai negara melalui budaya dan keindahan kearifan lokalnya,”  Marcel menuturkan.

Michael menerangkan, dampak pandemi COVID-19 telah menghancurkan pekerja muda di seluruh negara G20.
“Saya mengajak para delegasi Y20  berpikir tentang perubahan nyata. Saya juga berharap dapat bekerja sama  memastikan  apa yang didiskusikan dan diputuskan pada KTT tahun ini akan memberikan dampak yang signifikan,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Sumsel Mawardi Yahya berharap kegiatan ini  memberi peluang  para pemuda  Sumsel  memajukan kepemimpinan pemuda Indonesia, baik secara lokal maupun global.

"Semoga dengan adanya acara ini memberikan peluang  pemuda di Sumsel bisa menyalurkan fikiran, talenta, untuk dikembangkan nantinya, demi memajukan kepemimpinan pemuda di indonesia dikancah nasional maupun internasional," kata  Mawardi.

Wagub  bangga bahwa kegiatan Youth 20 Pre Summit yang pertama ini  dilaksanakan di Palembang Sumsel ini.
"Pemprov Sumsel berterima kasih dan bangga, pertemuan ini dapat berlangsung di Palembang," ucap Wagub.

Menurut Wagub, kegiatan anak muda dari IYD merupakan kegiatan yang  bisa memberikan dampak baik bagi negara khususnya Sumsel sebagai tuan rumah, karena para pesertanya   dari kalangan anak muda yang akan membahas isu menarik.

“Organisasi yang diisi para anak muda intelektual dan Insya Allah berwawasan luas, akan memberikan perubahan baik bagi bangsa ini, semoga pertemuan diskusi berjalan dengan lancar sesuai apa yang diinginkan,” ucap dia.

Editor : Agustian Pratama

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut