get app
inews
Aa Read Next : Sidang Kabinet Paripurna, Jokowi Tegaskan Sejumlah Hal Termasuk Dukung Program Presiden Terpilih

Ikuti Arahan Jokowi, Bahlil Ungkap tentang Produksi SDA dan Menkumham Sebut Soal Ego Sektoral

Senin, 19 Agustus 2024 | 13:15 WIB
header img
Tiga menteri dan wakil menteri Kabinet Indonesia Maju saat memberi pernyataan pers usai dilantik Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta (19/08/2024). (iNewspalembang.id/Foto: Humas Setkab)

JAKARTA, iNewspalembang.id - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) yang baru dilantik, Bahlil Lahadalia menyatakan, perlu percepatan mengoptimalkan potensi dan produksi sumber daya alam (SDA) untuk meningkatkan pendapatan negara serta menciptakan lapangan pekerjaan.

Bahlil melanjutkan, sesuai arahan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk melakukan beberapa langkah-langkah dalam rangka percepatan.

“Terutama dalam optimalkan potensi dan produksi sumber daya alam kita dalam meningkatkan pendapatan negara, sekaligus menciptakan lapangan pekerjaan,” ujar dia kepada awak media, usai dilantik di Istana Negara, Jakarta, Senin (19/08/2024).

Untuk bisa melanjutkan kebijakan yang sudah berjalan baik, kata Bahlil, maka diharapkan untuk memperbaiki aspek yang belum optimal, dengan fokus pada keberlanjutan dalam pengelolaan sumber daya alam.

“Kedua, yang sudah bagus sekarang kita lanjutkan, yang belum baik ya kita sama-sama perbaiki, karena sejatinya kan semuanya itu berkesinambungan,” kata dia.

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) yang baru dilantik, Supratman Andi Agtas melanjutkan, pentingnya harmonisasi hukum untuk mengatasi tumpang tindih peraturan perundang-undangan yang selama ini menjadi masalah.

“Agar dilakukan integrasi aturan agar tidak ada lagi ego sektoral yang timbul akibat benturan antar undang-undang. Bapak Presiden menginginkan agar dilakukan harmonisasi dan kemudian bisa mengintegrasikan, sehingga tidak ada lagi nanti ego sektoral yang diakibatkan ya itu tadi tumpang tindih satu peraturan perundang-undangan,” ungkap dia.

Sementara, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) yang juga baru dilantik, Roslan Roeslani menjelaskan, sisa dua bulan masa kerja ini pihaknya akan bekerja dengan sebaik-baiknya dan melanjutkan pekerjaan yang sudah berjalan sebelumnya.

“Ya kita berikan yang terbaik. Kebetulan menteri sebelumnya seperti adik saya sebetulnya, jadi komunikasi kita sangat baik. Sudah kemarin malam kita sudah bicara dan untuk supaya hand over-nya supaya perpindahan itu berjalan dengan baik, berjalan dengan mulus, karena program-program yang sudah direncanakan ini harus kita selesaikan,” tandas dia.



 

Editor : Sidratul Muntaha

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut