get app
inews
Aa Read Next : Gara-gara Persoalan ini, Luis Milla Mundur dari Persib Bandung dan Kembali ke Spanyol

Erick Thohir Pastikan Piala Presiden Mulai Bergulir Juli Ini, Tim Juara Dapat Rp5 Miliar

Kamis, 11 Juli 2024 | 12:05 WIB
header img
Ketua Umum PSSI Erick Thohir. (iNewspalembang.id/tangkap layar)

JAKARTA, iNewspalembang.id – Otorita sepakbola tertinggi di Tanah Air, PSSI siap menggelar ajang pramusim Liga 1 Indonesia bertajuk Piala Presiden mulai tanggal 19 Juli 2024.

“Insyaallah pembukaan tanggal 19 (Juli) di Bandung, Bapak Presiden akan hadir dan mudah-mudahan ini memperbaiki animo masyarakat yang hari ini juga menunggu-nunggu perbaikan yang ada di liga, tentu kita trial secara penuh di turnamen Piala Presiden ini,” ujar Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, usai rapat bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (10/7/2024).

Erick mengungkapkan, dalam pertemuan bersama Presiden Jokowi tersebut juga membahas sejumlah pembaruan penting dalam kompetisi Liga 1, diantaranya Liga 1 musim depan akan menampilkan beberapa inovasi, termasuk penggunaan sistem VAR (video assistant referee) secara penuh dan penambahan kuota pemain asing.

“Sistem VAR akan berjalan penuh, lalu juga di Liga 1 juga ada 8 pemain asing, yang 6 di lapangan, yang 2 menjadi cadangan. Ditambah kewajiban memainkan seluruh pemain tim nasional yang ada di klub masing-masing, dan ditambah kita harapkan ada beberapa wasit asing yang akan memimpin pertandingan,” ungkap dia.

Sementara, Ketua Panitia Piala Presiden, Maruarar Sirait menjelaskan, Piala Presiden ini diharapkan menjadi model dalam transparansi pengelolaan keuangan olahraga.

“Tidak ada uang dari BUMN, APBN, maupun juga dari APBD, tetapi kita semuanya dari sponsor, dari swasta murni karena kita membangun industri olahraga,” tegas dia.

Tak hanya itu, terang Maruarar, nanti semua akan diaudit oleh PWC yang memang sangat kredibel, kelasnya internasional, sehingga Indonesia akan makin dipercaya oleh dunia dalam bidang olahraga.

Piala Presiden dan Liga 1 mendatang adalah bagian dari upaya PSSI untuk meningkatkan kualitas sepak bola Indonesia. Juara Piala Presiden akan mendapatkan hadiah sebesar Rp5 miliar.

Editor : Sidratul Muntaha

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut