get app
inews
Aa Read Next : Momen Hari Raya Idul Adha 1445 H, Gerakan Kurban Serentak se-Sumsel Serahkan Bantuan 390 Ekor Sapi

Ganti Agus Fatoni, Ini Alasan Mendagri Tito Karnavian Tempatkan Elen Setiadi Jadi Pj Gubernur Sumsel

Senin, 24 Juni 2024 | 18:45 WIB
header img
Pj Gubernur Sumut Agus Fatoni (kiri) dan Pj Gubernur Sumsel Elen Setiadi, melakukan salam komando usai dilantik Mendagri Tito Karnavian, di Jakarta, Senin (24/6/2024). (iNewspalembang.id/ist)

JAKARTA, iNewspalembang.id - Elen Setiadi SH, MSE resmi dilantik sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Sumsel, menggantikan Agus Fatoni, setelah dilantik Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian di Sasana Bhakti Praja Lantai 3 Gedung C Kemendagri Jakarta, Senin (24/6/2026).

Agus Fatoni sendiri dilantik Mendagri sebagai Pj Gubernur Sumatera Utara (Sumut) dan dibarengi pelantikan Mayor Jenderal TNI (Purn) Dr Hasanudin sebagai Pj Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) yang sebelumnya menjabat sebagai Pj Gubernur Sumut.

Mendagri Tito  Karnavian menyatakan, penunjukan Elen Setiadi sebagai Pj Gubernur Sumsel tidak lain karena Sumsel merupakan daerah lumbung pangan, jadi dipilihlah orang yang tepat yakni dari Kemenko Perekonomian. Karena, Tito berharap ada percepatan pembangunan di daerah di bidang perekonomian. 

"Maka dipilihlah dari Kemenko Perekonomian, Elen Setiadi karena beliau pengalaman dan pengetahuan ekonomi nya kuat sekali.  Otomatis kita harap ada percepat pembangunan di Sumsel, lumbung pangan juga disana sekaligus memberikan kesempatan kepada beliau," ujar dia.

Tito menilai, figur dari seorang Elen Setiadi ini sangat tepat memimpin Sumsel, mengingat banyak pengalaman yang dimilikinya.

"Tentunya beliau (Elen) lebih pas lagi karena sudah pengalamanan," kata dia.

Selain itu, Tito jufa berharap untuk Agus Fatoni yang resmi menjabat sebagai Pj Gubernur Sumut dan Mayor Jenderal TNI (Purn) Dr Hasanudin sebagai Pj Gubernur NTB. Khususnya Provinsi Sumut pada September 2024 mendatang akan menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON)  yang harus disiapkan secara matang.

"Pastinya kita dorong Pak Agus Fatoni yang mana beliau Dirjen Keuangan Daerah Kemendagri yang sudah dua kali menjabat menjadi Pjs Gubernur di Sulawesi Utara dan Pj Gubernur  Sumsel. Sehingga kemampuan lapangan juga paham dan administrasi keuangan sehingga kita dapat menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang berkaitan keuangan untuk persiapan PON," tandas dia.

Editor : Sidratul Muntaha

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut