get app
inews
Aa Read Next : Kalah dari Thailand, Indra Sjafri Sebut Hanya untuk Menguji Kualitas Pemain Timnas U-20

Ini Alasan KBRI Bangkok Imbau WNI yang Ingin ke Thailand Harus Siapkan Uang Tunai Besar

Sabtu, 24 Februari 2024 | 15:55 WIB
header img
Ilustrasi Thailand. (iNewspalembang.id/ist)

BANGKOK, iNewspalembang.id – Bagi warga negara Indonesia (WNI) yang ingin melancong ke Thailand, diimbau untuk menyiapkan uang tunai dalam jumlah besar.

Imbauan tersebut disampaikan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Bangkok, agar terhindar dari risiko ditolak masuk.

Minister Counsellor KBRI Bangkok, Dewi Lestari menyampaikan, persyaratan masuk Thailand saat ini apa pun kewarganegaraannya atau  turis asing harus menunjukkan bukti kemampuan finansial, yakni membawa uang tunai minimal 15.000 baht atau sekitar Rp6,5 juta.  

“Banyak warga Indonesia yang ditolak di perbatasan, sehingga kedutaan mengeluarkan peringatan penting ini,” ujar dia, pada sesi wawancara dengan RRI.

Dewi mengatakan, bahwa persyaratan yang harus dipenuhi untuk masuk Thailand adalah paspor yang masih berlaku, tiket pergi-pulang, bukti pemesanan akomodasi, serta bukti kemampuan finansial untuk memastikan keberlangsungan masa tinggal.

Pihak berwenang Thailang, sambung dia, memang tak menentukan jumlah pasti uang yang harus tersedia, namun KBRI mewanti-wanti WNI untuk mempersiapkan dana secara memadai.

“Meski undang-undang tidak menentukan jumlah pastinya, data kami menunjukkan 15.000 baht untuk pelancong pribadi dan 20.000 baht untuk rombongan atau keluarga,” kata dia.

Turis Indonesia, ungkap Dewi, ditekankan untuk mengutamakan kehati-hatian, karena penegakan hukum di imigrasi Thailand bisa berbeda-beda.

“Ini bertujuan untuk menghindari kekecewaan yang bisa timbul di imigrasi sehingga perlu antisipasi,” tandas dia.

Berdasarkan Bab 2, Pasal 12 Undang-Undang Imigrasi Thailand Tahun 1979, turis yang tidak memenuhi kriteria tertentu berisiko ditolak masuk, terutama jika kekurangan uang.



Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " KBRI Bangkok Imbau WNI Ingin ke Thailand Siapkan Uang Tunai yang Banyak, Kenapa? ",

Klik untuk baca: https://www.inews.id/news/internasional/kbri-bangkok-imbau-wni-ingin-ke-thailand-siapkan-uang-tunai-yang-banyak-kenapa.


 

Editor : Sidratul Muntaha

Follow Berita iNews Palembang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut