get app
inews
Aa Read Next : Kendaraan yang Keluar Jakarta Mencapai 101.178, Polri Imbau Pemudik untuk Manfaatkan Rest Area

Ini Penjelasan Polri, Soal Informasi Kapolri Perintahkan Jajaran Menangkan Pasangan Calon Tertentu

Senin, 12 Februari 2024 | 10:05 WIB
header img
Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Sandi Nugroho, saat memberikan keterangan kepada media terkait netralitas Polri pada Pemilu 2024. (iNewspalembang.id/Foto: Riyan Roshali).

JAKARTA, iNewspalembang.id – Pihak Polri memberikan bantahan terkait munculnya informasi bahwa Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo perintahkan jajaran untuk memenangkan pasangan calon tertentu.

Kadiv Humas Polri Irjen Sandi Nugroho menyatakan, bahwa informasi yang beredar tersebut adalah hoaks. Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo netral dalam Pemilu 2024.

"Terkait informasi tersebut tidak benar atau hoaks dan sejak minggu yang lalu di media sosial juga Polri sudah berikan keterangan tertanda hoaks," ujar dia, Senin (12/2/2024).

Terhadap informasi itu, Sandi menegaskan, agar masyarakat tidak memercayai informasi yang beredar di media sosial tanpa mengecek terlebih dahulu.

"Masyarakat jangan termakan informasi yang tidak jelas kebenarannya dan jangan menyebarkan kembali informasi yang tidak benar atau hoaks," kata tegas dia.

Sandi mengungkapkan, Polri akan tetap netral menjaga pelaksanaan Pemilu 2024 berjalan aman, damai dan bermartabat.

"Berkali-kali Kapolri menyatakan Polri netral dalam pelaksanaan pemilu. Polri bertugas mengamankan pemilu 2024 berjalan aman, damai, sejuk dan bermartabat," ungkap dia.

Informasi tersebut, bermula ketika sebelumnya, Politisi PDIP, Henry Yosodiningrat, mendapat pesan berantai berupa perintah Kapolri kepada seluruh Direktur Pembinaan Masyarakat (Dirbinmas) di jajaran polda untuk memenangkan pasangan calon (paslon) nomor urut 2 dalam Pilpres 2024. Kapolri harus meluruskan berita tersebut.

"Justru di dalam forum ini mudah-mudahan kalau nanti diekspos ke media, bisa dibaca oleh Kapolri, kalau berita ini tidak benar supaya di-counter, diluruskan. Tapi kalau berita ini benar, mbok ya malu gitu loh, dan ditarik perintah ini," jelas Henry, dalam forum diskusi yang potongan videonya beredar. 

Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Viral Kapolri Disebut Tak Netral di Pemilu 2024, Kadiv Humas Polri: Jangan Termakan Hoaks ",

Klik untuk baca: https://www.inews.id/news/nasional/viral-kapolri-disebut-tak-netral-di-pemilu-2024-kadiv-humas-polri-jangan-termakan-hoaks/2.

 

Editor : Sidratul Muntaha

Follow Berita iNews Palembang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut