get app
inews
Aa Read Next : Ini Janji Mahfud MD untuk Kembalikan Independensi KPK bila Jadi Wakil Presiden

Alasan Presiden Jokowi Tunjuk Tito Karnavian Jabat Plt Menko Polhukam Gantikan Mahfud MD

Minggu, 04 Februari 2024 | 11:25 WIB
header img
Presiden Jokowi pada acara silaturahmi dengan Mekaar binaan PNM di Gedung Bale Rame, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Sabtu (03/02/2024). (iNewspalembang.id/tangkap layar)

JAKARTA, iNewspalembang.id - Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian ditunjuk sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) pengganti Mahfud MD yang mengundurkan diri.

Surat Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 20/P Tahun 2024 tentang pemberhentian dengan hormat Mahfud MD sebagai Menko Polhukam dan penunjukan Tito Karnavian sebagai Plt Menko Polhukam, sudah ditandatangani Presiden Jokowi, pada Jumat (02/02/2024).

Menurut Presiden Joko Widodo (Jokowi), alasan dipilihnya Tito Karnavian antara lain karena pengalaman dan sebelumnya pernah menduduki jabatan di Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Kapolri, dan sekarang di Mendagri.

“Saya kira untuk memegang di Menko Polhukam juga tidak ada masalah,” ujar Presiden di Gedung Bale Rame, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, pada Sabtu (03/02/2024).

Jokowi mengungkapkan, pihaknya belum menentukan pengganti definitif untuk mengisi jabatan Menko Polhukam. Namun, yang terpenting adalah organisasi bisa berjalan dengan baik.

“Nanti dilihat lah, kita ini yang penting organisasi berjalan dengan baik,” ungkap dia, seraya menambahkan, penetapan Menko Polhukam definitif akan dilakukan sesegera mungkin dan akan diisi oleh figur dari nonpartai politik.

 

 

Editor : Sidratul Muntaha

Follow Berita iNews Palembang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut