get app
inews
Aa Read Next : Febri Diansyah Bakal Dipanggil Jaksa KPK Terkait Sidang eks Mentan SYL

Ternyata Pungli di Rutan KPK Sudah Terjadi dari Delapan Tahun Lalu, Sejak 2016

Rabu, 24 Januari 2024 | 10:25 WIB
header img
Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri. (MPI)

JAKARTA, iNewspalembang.id – Praktik pungutan liar (pungli) yang erjadi di rumah tahanan (rutan) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), ternyata sudah terjadi sejak tahun 2016 lalu.

Hal itu diakui Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri, bahwa praktik haram itu sudah terjadi sejak delapan tahun terakhir, yang bermula pada 2016.

"Sejak tahun sebelumnya, 2016, 2017 juga sudah ada," ujar dia, Selasa (23/1/2024).

Ali Fikri mengatakan, ketika itu pungli yang terjadi belum terstruktur. Pihak-pihak yang terlibat, kemudian bersiasat agar pungli terorganisasi. Lalu sejak akhir-akhir 2018, 2017 itu sudah mulai terstruktur.

Pengungkapan skandal ini, sambung dia, merupakan kesempatan lembaga antirasuah untuk menjaga marwah KPK dan melakukan bersih-bersih.

"Ini menjadi perhatian yang serius bagi kami, dengan harapan bahwa rutan ini penting sebagai bagian dari proses criminal justice system dalam proses penegakan hukum," kata dia.

Sementara sebelumnya, Dewan Pengawas (Dewas) KPK menyampaikan pungli yang melibatkan puluhan pegawai lembaga antirasuah itu terjadi di tiga rutan.

"Pertama di Merah Putih, yang kedua di sini (rutan) C1, ketiga di Rutan Guntur," tegas anggota Dewas KPK Syamsuddin Haris di Gedung ACLC KPK, Jakarta Selatan, Senin (22/1/2024).



Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " KPK Ungkap Pungli di Rutan Terjadi sejak 2016, Mulai Terstruktur pada 2018 ",

Klik untuk baca: https://www.inews.id/news/nasional/kpk-ungkap-pungli-di-rutan-terjadi-sejak-2016-mulai-terstruktur-pada-2018.


 

Editor : Sidratul Muntaha

Follow Berita iNews Palembang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut