get app
inews
Aa Read Next : Hadirkan Infrastruktur AI, Presiden Jokowi Sebut Microsoft Bakal Investasi Sebesar Rp27,6 Triliun

Persediaan Nasional Defisit sekitar 2,8 juta Ton, Bapanas Sebut Jokowi Setuju Importasi Beras

Jum'at, 19 Januari 2024 | 11:25 WIB
header img
Kepala Bapanas, Arief Prasetyo Adi memberi keterangan pers, usai ratas bersama Presiden Jokowi tentang ketersediaan stok beras nasional dan CBP, di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (18/01/2024). (iNewspalembang.id/tangkap layar)

JAKARTA, iNewspalembang.id - Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi menyatakan, Indonesia mengalami defisit persediaan beras nasional sekitar 2,8 juta ton, akibat dampak El Nino pada Januari hingga Februari 2024.

“Defisit itu akan dipenuhi dengan program impor beras, yang pelaksanaan importasi itu akan dilakukan sebelum panen raya,” ujar dia, usai rapat terbatas (ratas) bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) tentang ketersediaan stok beras nasional dan cadangan beras pemerintah (CBP), di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (18/01/2024).

Arief mengatakan, bahwa tahun lalu Presiden Jokowi telah menyetujui dalam rapat internal untuk melakukan importasi dua juta ton. Dengan syarat, memang harga di tingkat petani tetap dijaga baik seperti hari ini.

“Jadi balance itu, mudah-mudahan bisa di-cover. Lalu ada catatan, sebelum panen raya sudah harus masuk,” kata dia.

Bapanas sendiri, ungkap Arief, terus berupaya menjaga harga di tingkat petani. Karena importasi beras yang dilaksanakan tersebut untuk memastikan stok CBP yang kuat, dan akan beriringan dengan terjaganya harga di tingkat petani.

“Kebutuhan kita satu bulan sekitar 2,5 sampai 2,6 juta ton. Dua bulan itu, akibat El Nino ini, Januari-Februari kita kekurangan sekitar 2,8 (juta ton), tapi kita akan cover dengan yang carryover 2023 dan importasi yang masuk di 2024,” tandas dia.

 

Editor : Sidratul Muntaha

Follow Berita iNews Palembang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut