get app
inews
Aa Read Next : Indra Sjafri Tetap Lirik Pemain Diaspora yang Pegang Paspor Indonesia untuk Timnas U-20

Mulai Jalani Pemusatan Latihan di Qatar, Timnas Indonesia U-20 Diproyeksikan pada Tiga Ajang Ini

Minggu, 24 Desember 2023 | 10:15 WIB
header img
Pelatih Kepala Timnas Indonesia U-20, Indra Sjafri, memberi pengarahan saat memulai pemusatan latihan di Lapangan Aspire Academy 2, Doha, Qatar, Sabtu (23/12/2023). (iNewspalembang.id/ist)

DOHA, iNewspalembang.id – Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-20 memulai pemusatan latihan di Lapangan Aspire Academy 2, Doha, Qatar, Sabtu (23/12/2023) waktu setempat.

Tim yang dipersiapkan untuk Piala AFF U-19 2024, Kualifikasi Piala Asia U-20 2025 hingga Piala Dunia U-20 2025 Chile tersebut, langsung dipimpin oleh Head Coach Indra Sjafri.

Menurut Indra Sjafri, setelah tiba di Doha, Qatar dua hari lalu, sebanyak 26 pemain yang dibawa langsung memulai persiapan selama sepekan.

“Latihan hari pertama ini kita belum memberi materi yang berat. Semua pemain hanya berlatih ringan,” ujar dia.

Indra Sjafri mengatakan, pada pemusatan latihan kali ini diharapkan bisa mendapat informasi yang tepat dan terukur, terkait kondisi para pemain. Karena ini berkaitan dengan proses seleksi yang akan berjalan ke depan.

"Selama satu minggu ke depan kami fokus mengambil profil dari para pemain. Kami melakukan beberapa item test dengan pemain di Qatar ini," kata dia.

Pelatih yang merebut medali emas di SEA Games 2023 Kamboja itu mengungkapkan, untuk materi pemain pada pemusatan latihan tahap awal ini diambil dari pemain-pemain timnas U-17 di Piala Dunia U-17 2023, Liga 1, Liga 2, Liga 3 dan Asprov. 

“Kita berharap kepada pemain menggunakan kesempatan ini dengan baik selama di Qatar. Kita tentu evaluasi serta akan ada sistem promosi dan degradasi untuk pemain," ungkap dia. 

Setelah pemusatan latihan di Qatar ini, jelas Indra Sjafri, akan berlanjut pada TC tahap kedua di Jakarta hingga akhir Januari mendatang. Tim pelatih, sambung dia, akan memanggil pemain-pemain baru yang daftarnya sudah diinventarisir.

Tim pelatih juga, akan memberikan kesempatan kepada anak-anak di luar negeri nanti secara bertahap.

“Terakhir, kalau ada pemain yang benar-benar istimewa, yang bagus kualitasnya, dia keturunan (Indonesia) dan mau bermain untuk Indonesia tapi belum memiliki kewarganegaraan Indonesia, kita juga akan mengajukan ke PSSI untuk bisa menjadi bagian dari Timnas Indonesia," jelas dia.

“Alhamdulillah semua pemain sangat menikmati latihan di tengah cuaca yang cukup nyaman, yakni dengan suhu udara berkisar antara 16-18 derajat celcius. Ini bagus untuk menggelar latihan," tandas dia.

Editor : Sidratul Muntaha

Follow Berita iNews Palembang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut