get app
inews
Aa Read Next : Ingin Jadikan Kopi Sumsel Komoditi Andalan, Pj Gubernur Agus Fatoni segera Terbitkan Perda

Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni Ingatkan Hal Ini, usai Resmikan Dua Pasar di Kabupaten OKU

Sabtu, 04 November 2023 | 11:05 WIB
header img
Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni saat meresmikan Pasar Bantuan Provinsi yang dipusatkan di Desa Bumi Kawa, Kecamatan Sosoh Buay Rayap OKU, Jumat (3/11/2023). (iNewspalembang.id/ist)

BATURAJA, iNewspalembang.id – Pasar Desa Tungku Jaya dan Pasar Desa Sari Bumi Desa Karya Mukti Unit 12 Kecamatan Sinar Peninjauan, Kabupaten OKU, diresmikan Penjabat (Pj) Gubernur Sumsel Agus Fatoni, Jumat (3/11/2023).

Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni menyampaikan, Pembangunan kedua pasar di Kabupaten OKU tersebut berasal dari Bantuan Gubernur (Bangub) Sumsel untuk menunjang pembangunan di Kabupaten OKU.

“Bantuan ini diharapkan menjadi solusi tepat guna memenuhi kebutuhan dasar masyarakat berbentuk infrastruktur fisik. Gunakan pasar ini sebaik-baiknya. Kita harap pasar ini bisa menjadi pusat aktivitas perdagangan dan menjadi pengungkit pergerakan ekonomi bagi masyarakat OKU,” kata dia, pada peresmian yang dipusatkan di Desa Bumi Kawa, Kecamatan Sosoh Buay Rayap OKU, Jumat (3/11/2023). 

Pada kesempatan tersebut, Fatoni mengungkapkan, terkait persoalan inflasi yang saat ini berdampak terhadap sejumlah harga bahan pokok, yang menyebabkan tingginya harga lantaran stok yang terbatas namun permintaannya banyak. Atas dasar itu, sambung dia, maka pemerintah terus berusaha agar mencukupi stok tersebut.

“Kepada Bulog, bila nanti sudah musim panen sebaiknya dikonsumsi untuk masyarakat Sumsel terlebih dulu. Setelah stoknya dipastikan cukup maka baru boleh dijual keluar daerah,” ungkap dia.

Tak lupa, Fatoni mengajak masyarakat untuk menanam di pekarangan masing-masing, mulai dari menanam cabe menanam tomat dan sebagainya.

“Seperti tadi disampaikan oleh Pak Bupati sudah membagikan bibit, silakan itu ditanam dan dirawat, sehingga untuk kebutuhan sehari-hari," kata dia.

Fatoni menjelaskan, pada tahun anggaran 2021-2023 pihaknya telah dilakukan revitalisasi dan membangun pasar rakyat sebanyak 16 unit pasar di kabupaten/Kota. Khusus Kabupaten OKU, Pasar Rakyat Desa Tungku Jaya Kecamatan Sosoh Buay Rayap dan Pasar Rakyat Sari Bumi Desa Karya Mukti Kecamatan Peninjauan.

Alokasi anggaran yang ditetapkan dengan keputusan Gubernur Sumsel nomor 331/KPTS/BPKAD/ 2022 tanggal 28 April 2022 tentang alokasi belanja bantuan keuangan bersifat khusus kepada pemerintah kabupaten OKU pada APBD Sumsel tahun anggaran 2022 sebesar Rp4.120.449.800. dengan realisasi sebesar Rp3.397.357.911.

 

 

 

Editor : Sidratul Muntaha

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut