get app
inews
Aa Read Next : Begini Cara Presiden Jokowi Rayu Elon Musk Kembangkan Produk Teknologi di Indonesia

Ini Dua Agenda Kunjungan Kerja Presiden Jokowi ke Tiongkok dan Arab Saudi

Senin, 16 Oktober 2023 | 12:15 WIB
header img
Presiden Jokowi dan Ibu Iriana Jokowi siap menuju kunjungan kerja ke RRT dan Arab Saudi dari dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Senin (16/10/2023). (iNewspalembang.id/Foto: Rahmat Setkab)

TANGERANG, iNewspalembang.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan lawatan kerja ke Republik Rakyat Tiongkok (RRT) dan Arab Saudi, Senin (16/10/2023).

Presiden Jokowi menyatakan, kunjungan kerja ini menghadiri Belt and Road Forum for International Cooperation yang ke-3 di Beijing dan KTT pertama ASEAN GCC (Gulf Cooperation Countries) di Riyadh.

“Saya dan delegasi hari ini akan melakukan kunjungan kerja ke Beijing, RRT dan Riyadh, Kerajaan Arab Saudi,” ujar Presiden, sebelum bertolak dari Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Senin (16/10/2023).

Jokowi mengungkapkan, untuk kunjungan kerja ke RRT, dia akan melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Xi Jinping pada tanggal 17 Oktober 2023 dan menghadiri Belt and Road Forum for International Cooperation yang ke-3 pada tanggal 18 Oktober 2023. Kemudian, bertemu dengan PM Li Qiang dan Ketua Parlemen RRT Zhao Leji.

“Isu prioritas yang akan kita bahas dengan RRT antara lain, peningkatan ekspor Indonesia, peningkatan investasi, dan pembangunan ketahanan pangan,” ungkap dia.

Berikutnya, jelas Jokowi, setelah ke RRT, pihaknya menuju ke Arab Saudi melakukan kunjungan resmi bersama Putra Mahkota Perdana Menteri Arab Saudi dan memimpin KTT pertama ASEAN GCC (Gulf Cooperation Countries).

“Kita akan membahas Sejumlah kerja sama dengan Kerajaan Arab Saudi, seperti peningkatan kerja sama ekonomi dan investasi, penjaminan produk halal energi, dan pembentukan dewan koordinasi tertinggi,” jelas dia.

Sesuai jadwalnya, Presiden Jokowi dan rombongan terbatas diagendakan akan kembali ke tanah air pada tanggal 21 Oktober 2023.

Editor : Sidratul Muntaha

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut