get app
inews
Aa Read Next : Atasi Macet Panjang, Pj Gubernur Agus Fatoni Usulkan Pelebaran Jalan Palembang - Betung

Sebut Moda Transportasi Palembang Lengkap, Menhub Budi Karya Ungkap Ada Dana Hibah dari Amerika

Minggu, 15 Oktober 2023 | 08:15 WIB
header img
Menhub Budi Karya saat meninjau dan menaiki Feeder LRT di Stasiun LRT Polrestabe Palembang, Sabtu (14/10/2023). (iNewspalembang.id/Mushaful Imam)

PALEMBANG, iNewspalembang.id – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyebut, Kota Palembang menjadi satu kota yang memiliki moda transportasi lengkap.

“Mulai dari bus, angkot, LRT, feeder LRT hingga angkutan sungai yang terintegrasi. Ya Kota Palembang termasuk kota yang memiliki transportasi antar moda paling lengkap," ujar dia, disela-sela meninjau Dermaga 16 Ilir, Kota Palembang, Sabtu (14/10/2023). 

Budi Karya mengapresiasi pembangunan transportasi publik terintegrasi di Sumsel yang saat ini telah memiliki layanan angkutan massal yang cukup lengkap.

"Saya gembira hari ini ke Palembang, sekalian pulang kampung, karena melihat suasana (transportasi) yang lebih baik," kata dia. 

Nah untuk kedepannya, ungkap Budi Karya, pihaknya akan dilakukan penambahan rute (reroute) pada angkutan feeder, yakni di Plaju, Bukit dan PT Pusri. Hal ini karena melihat besarnya jumlah penduduk dan jarak lokasi antara satu titik ke titik lain terlalu jauh.

Kemudian, sambung dia, karena feeder-nya relatif terlalu jauh hingga waktu tempuh masyarakat dari satu titik ke titik lain terlalu lama, makanya akan dibuat feeder tegak lurus terhadap transportasi LRT.

“Nah, reroute ini bisa ditambah atau justru menghilangkan, karena belum maksimal. Tujuannya agar bisa maksimal," ungkap dia.

Budi menjelaskan, saat ini ada program dari Amerika Serikat, yaitu Millenium Challenge Corporation (MCA) yang merupakan badan pengelola dana hibah. Mereka baru saja melakukan kick-off meeting penyusunan Feasibility Study pengembangan Stasiun LRT Ampera yang diharapkan transportasi dan kawasan sekitarnya menjadi lebih baik.

"Apalagi Amerika akan berinvestasi dengan memberikan dana hibahnya. Ini merupakan inisiasi yang baik dari Pemprov Sumsel," jelas dia.

Sementara, Pj Gubernur Sumsel, Agus Fatoni meminta dukungan dari seluruh pihak terhadap pembangunan transportasi di Sumsel.

"Masyarakat Sumsel bersyukur pemerintah memberi atensi besar pada pembangunan transportasi publik yang memudahkan semuanya dalam melakukan aktivitas dan untuk mendorong perekonomian Sumsel," tutur dia.

Fatoni mengharapkan, agar menyatukan langkah dan tekad untuk mewujudkan transportasi publik yang lebih baik.

“Alhamdulillah, pemerintah pusat mendukung dan kita harus melakukan kegiatan-kegiatan dengan mengutamakan penggunaan transportasi publik yang dibangun," tandas dia.

 

Editor : Sidratul Muntaha

Follow Berita iNews Palembang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut