JAKARTA, iNews.id - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) melalui XL Axiata Business Solutions meraih Sertifikasi ISO 22301:2019, yang merupakan standar internasional untuk menghadirkan layanan berkualitas terbaik.
Chief Enterprise & SME Officer XL Axiata, Feby Sallyanto mengatakan, sertifikat ini pengakuan atas kemampuan pelaku usaha dalam penerapan, pemeliharaan dan peningkatan sistem manajemen untuk melindungi, mengurangi kemungkinan terjadinya masalah, serta menyiapkan, menanggapi dan memulihkan kondisi dari gangguan saat terjadi permasalahan.
"Dalam hal ini ruang lingkup yang disertifikasi oleh XL Axiata, berkaitan dengan pelayanan terhadap pelanggan B2B (Business-to-Business)," kata Feby dalam rilisnya, Kamis (20/1/2022).
Ia menjelaskan, XL Axiata Business Solutions berkomitmen dan konsisten meningkatkan kenyamanan dan mutu pelayanan terbaik bagi masyarakat terutama pelanggan korporasi dan UKM.
"Dengan mengantongi ISO 22301:2019 ini , XL Axiata telah memenuhi ketentuan pemerintah yang ditujukan kepada pelaku industri vital dan strategis, seperti sektor telekomunikasi, dalam menghadirkan layanan terbaik saat sedang mengalami masalah atau krisis," ucap dia.
Pihaknya berharap, sertifikat ISO ini semakin meyakinkan para pelanggan maupun calon pelanggan korporasi atau UKM, bahwa kualitas layanan yang ditawarkan sudah berstandar internasional. Sehingga tercipta rasa aman dalam penggunaan segala layanannya.
Ia menjelaskan, manfaat strategis lainnya yang diperoleh jika memiliki sertifikasi ISO 22301:2019 adalah, XL Axiata menjadi kandidat penyedia layanan terbaik bagi instansi, lembaga atau perusahaan di sektor pemerintahan dan swasta yang mensyaratkan sertifikasi ISO 22301:2019 dalam proses pengadaan layanan tersebut.
Menurut Feby, proses memperoleh Sertifikasi ISO tersebut merupakan sebuah tantangan tersendiri, selain harus lolos audit dari badan sertifikasi ISO, juga harus mampu konsisten menjalankan sistem dan prosedur penanganan masalah, terlebih dalam kondisi krisis agar kualitas layanan tetap baik dan terjaga.
"Proses audit secara berkala juga akan dilakukan setiap tahunnya. Proses sertifikasi ini berjalan selama enam bulan, XL Axiata Business Solutions menempuh dengan lancar, efektif dan efisien," ia memungkasi.
Editor : Agustian Pratama