get app
inews
Aa Read Next : Komite Pemilihan Sebut Ada Calon Waketum dan Calon Exco PSSI Belum Lengkapi Berkas

Sepakterjang Haruna Soemitro, Anggota Exco PSSI yang Dihujat Netizen Akibat Kritik Shin Tae-yong

Senin, 17 Januari 2022 | 20:17 WIB
header img
Berikut profil dan jejak karier Haruna Soemitro (paling kiri). (Foto: PSSI)

JAKARTA, iNews.id – Haruna Soemitro, tengah menjadi perbincangan pecinta sepakbola, karena kritik pedasnya pada Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-Yong.

Bukan saja sekali, dua kali kritik pedas yang ia lontarkan sehingg membuat netizen makin geram dan sama-sama menyerang Haruna Soemitro yang merupakan Anggota Exco PSSI, lewat sosial media.

Kritik kontroversi yang ia lontarkan itu pada saat rapat evaluasi Shin Tae-yong pasca Piala AFF 2020 yang berlangsung pada Kamis, 13 Januari 2022 dan pada saat hadir di salah satu podcast.

Ia menyebut Shin Tae-yong tak istimewa karena hanya membawa Timnas Indonesia finis runner-up di Piala AFF 2020. Sebelum Shin Tae-yong, Timnas Indonesia sudah lima kali finis sebagai runner-up Piala AFF.

Haruna Soemitro menyamakan Shin Tae-yong seperti pelatih-pelatih Timnas Indonesia sebelumnya yang juga gagal memenangkan trofi Piala AFF.

“Tidak penting itu sebuah proses. Yang paling penting adalah hasil. Apa pun latihannya kalau tidak juara, ya belum dikatakan juara. Indonesia sudah enam kali masuk final Piala AFF. Kalau sekarang tetap runner-up, ya bukan prestasi,” kritik Haruna soal hasil Timnas Indonesia di Piala AFF 2020.

Buntutnya, netizen geram dan muncul tagar @HarunaOut, meminta Haruna Soemitro keluar dari PSSI.

Seperti apa sepakterjang Haruna Soemitro, sehingga melemparkan kritik pada Shin Tae-Yong?. Dikutif dari okezone.com, Haruna Soemitro pertama kali berkecimpung ke dunia sepakbola pada 2003 dengan menjadi manajer Persebaya Surabaya. Ia tertarik gabung manajemen Persebaya Surabaya selain seorang Bonek, juga karena prihatin dengan klub berjuluk Bajul Ijo tersebut.

Ketika Haruna Soemitro masuk, Persebaya Surabaya baru saja terdegradasi ke Divisi I (sekarang Liga 2).

Namun, berkat tangan dingin Haruna Soemitro, Persebaya Surabaya langsung juara Divisi I 2003 dan berhak promosi ke Divisi Utama (Liga 1) 2004.

"Pada tahun 2003, ada momen saat Persebaya mengalami krisis dan harus terdegradasi ke divisi satu. Selanjutnya saya bersama teman-teman dari Surabaya terpanggil untuk membangun kembali Persebaya. Alhamdulillah Persebaya juara," kata Haruna Soemitro saat menjadi bintang tamu di Channel YouTube Hamka Hamzah.

Kemudian, Haruna Soemitro ditunjuk sebagai manajer tim sepakbola PON Jawa Timur 2004. Hebatnya, ia mengantarkan sang tim merebut medali emas dalam ajang multievent yang digelar di Palembang tersebut. Singkat kata, Haruna Soemitro menjabat sebagai anggota Asprov Jawa Timur, berlanjut ke manajer hingga kini menduduki posisi Direktur Klub Madura United dan anggota Exco PSSI. Melihat kiprahnya, Haruna Soemitro sejatinya bukanlah orang baru di kancah persepakbolaan nasional.

 

Editor : M. Rizal Effendi

Follow Berita iNews Palembang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut