get app
inews
Aa Read Next : Indra Sjafri Tetap Lirik Pemain Diaspora yang Pegang Paspor Indonesia untuk Timnas U-20

Dampingi Dennis Wise, Indra Sjafri dan Bima Sakti Pantau Seleksi Program Garuda Select

Rabu, 05 Juli 2023 | 17:05 WIB
header img
Direktur Teknik Garuda Select, Dennis Wise (dua dari kiri) bersama Bima Sakti, saat menyaksikan seleksi program Garuda Select untuk pemain potensial U-17 di Stadion Madya, Jakarta, Rabu (5/7/2023). (iNewspalembang.id/ist)

JAKARTA, iNewspalembang.id - Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri dan Pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-17, Bima Sakti, menyaksikan proses seleksi program Garuda Select untuk pemain potensial U-17 di Stadion Madya, Jakarta, Rabu (5/7/2023).

Direktur Teknik Garuda Select, Dennis Wise, langsung memimpin proses seleksi program Garuda Select, yang dimulai 5-7 Juli 2023.

Ada 132 pemain dari berbagai wilayah Tanah Air didatangkan untuk mengikuti seleksi tersebut. Secara kebetulan, program seleksi ini berbarengan dengan program seleksi pemain Timnas U-17 yang diproyeksikan akan tampil di Piala Dunia U-17 di Indonesia akhir tahun nanti.

Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri mengatakan, pada hari pertama ini mereka telah berkomunikasi dengan Dennis Wise, bahwa akan ada sinergi program antara seleksi yang dilakukan ini dan seleksi tim nasional. 

"Setelah proses seleksi ini selesai, kita memberikan pemain-pemain terbaik untuk timnas, kemudian untuk program Garuda Select,” kata dia.

Seleksi program Garuda Select ini, ingkap Indra, bukan satu-satunya cara untuk mendapatkan pemain terbaik, namun melalui pemantauan langsung pemain saat mereka tampil di kompetisi.

Pemilihan pemain, sambung dia, tentu akan lebih akurat bila mereka melakukan pemantauan di lapangan, bukan dengan mengumpulkan banyak pemain dan memilih mereka dalam waktu hanya 2-3 hari. 

"Tetapi, hal ini akan membantu bagi tim pelatih untuk melihat potensi dari para pemain yang sudah dipanggil untuk program Garuda Select ini” ungkap dia.

Pola seleksi Garuda Select ini dengan memainkan semua pemain dalam game internal berdurasi 2x20 menit. 132 pemain dibagi menjadi 12 tim, setiap pemain diminta untuk menunjukkan permainan terbaiknya sesuai dengan posisi mereka masing-masing.

Nantinya, pemain yang terpilih akan masuk skuad Garuda Select angkatan ke-6, dan akan menjalani latihan intensif di Britania Raya, Inggris.

Program Garuda Select merupakan satu program dari PSSI sejak tahun 2019. Program pelatihan ini dilakukan secara sistematis mulai dari proses seleksi pemain hingga kepelatihan.

Makanya, dari program pelatihan Garuda Select ini diharapkan para pemain terpilih bisa mendapatkan sisi positif dari kultur sepakbola di Eropa, serta membawa kemajuan dan peningkatan kualitas para pemain sepakbola di Indonesia.

Editor : Sidratul Muntaha

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut